Halo, Takaiters!

Kamu pasti sudah kenal dengan menu khas nusantara ini, ya. Asinan merupakan salah satu jenis makanan yang dibuat dengan proses pengasinan atau pengacaran. Proses ini bisa dilakukan menggunakan garam atau asam dari cuka. Berbagai macam buah serta sayuran bisa dibuat menjadi asinan. Kita patut bersyukur, nih, Guys karena rupanya Indonesia punya banyak sekali kekayaan kuliner. Dan asinan termasuk salah satu jenis kuliner yang harus kamu banggakan.

Tidak hanya asinanĀ  bogor, rupanya ada lagi beberapa jenis asinan khas nusantara yang akan membuat kamu ketagihan. Apa saja? Simak ulasannya, ya!

1. Asinan Betawi

Foto: rancahpost.co.id

Asinan betawi memang berbeda dengan beberapa jenis asinan lainnya. Asinan betawi memiliki kuah khas karena terbuat dari kacang tanah yang dihaluskan ditambah gula merah sehingga rasanya manis. Asinan betawi biasanya berisi irisan kol, selada, mentimun, tauge, kacang tanah goreng, kerupuk mie hingga kerupuk warna warni. Kamu yang gemar makan sayuran pasti akan ketagihan setelah mencoba asinan khas betawi ini.

Asinan Rambutan

Asinan Khas Nusantara
Foto: cookpad.com

Asinan rambutan memang sempat hits, lho, Guys! Saat musim rambutan kemarin, asinan rambutan banyak bermunculan di Instagram. Penampilannya yang segar membuat siapa pun ingin mencobanya. Asinan ini awalnya mulai dikenal di pulau Sumatera, lho. Isiannya pun cukup sederhana. Hanya terdiri dari rambutan, cabai, gula, garam serta rasa asam dari perasan jeruk limau atau bahkan asam boi putih. Nah, jeruk yang digunakan rupanya tergantung daerahnya juga, ya, Guys!

Pilihan Editor


Asinan Bogor

Asinan Khas Nusantara
Foto: resepsedapku.com

Asinan satu ini pastinya sudah tidak asing lagi, ya, Guys. Asinan bogor bisa terdiri dari 3 jenis, lho. Di antaranya adalah asinan buah, sayur dan perpaduan keduanya. Yang membedakan asinan bogor dengan asinan betawi tentu saja terletak pada kuahnya. Asinan bogor menggunakan cuka, cabai, garam dan gula sebagai kuahnya. Rasanya semakin nikmat ketika disantap saat dingin, lho, Guys! Yakin tidak mau mencoba?

Asinan Jagung Bakar

Foto: cookpad.com

Asinan satu ini terbilang unik, ya. Asinan jagung bakar merupakan salah satu jenis asinan khas Bogor, lho. Kamu bisa menikmati asinan jagung bakar yang berisi jagung manis bakar yang dipipil, ada juga potongan mentimun, gula serta garam. Kemudian diguyur dengan kuah cuka hasil fermentasi aren. Unik banget, ya, Guys!

Asinan Manado

Food.detik.com

Asinan manado atau Gohu merupakan salah satu kuliner khas Sulawesi. Asinan satu ini dibuat dari pepaya yang masih mengkal. Terbayang rasa renyahnya dipadu dengan kuah yang terdiri dari gula, cabai, cuka dan geprekan jahe. Kamu bisa bayangkan betapa lezatnya asinan satu ini, Guys!

Gimana, Guys? Tertarik untuk mencoba berbagai macam asinan khas nusantara ini? Yang pasti kuliner satu ini punya ciri khas tersendiri sesuai dengan daerahnya. Jangan sampai kamu melewatkannya, ya, Guys! Dijamin ketagihan dan bikin ngiler, lho!