Hai, Takaiters!
Pastinya kamu pernah dong, ya, merasa bad mood, panik, ingin marah, baper, dan perasaan nggak enak lainnya yang disebabkan oleh suasana hati yang sedang tak menentu? Tahukah kamu bahwa ternyata hal tersebut dapat dicegah dan diminimalisir melalui pemilihan makanan yang sesuai.
Dilansir dari Boldsky, perubahan pola dan jenis makanan yang kita konsumsi ternyata dapat membawa perubahan dalam struktur otak masing-masing individu, lho, yang artinya, juga berpengaruh pada perubahan perilaku kita. Hmmm … sampai segitunya, ya, ternyata.
Lalu, makanan apa saja sih yang dapat membantu menjaga stabilnya suasana hati kita? Yuk, cek dibawah ini, ya, Guys!

 1. Cokelat untuk Mengurangi Stres

Foto: cosmogirl.co.id
Cokelat termasuk salah satu bahan makanan yang dapat menenangkan emosi marah atau tertekan. Para ahli mengatakan, cokelat hitam membantu mengurangi hormon stres yang ada di tubuh kita. Bahkan para peneliti telah menemukan, hanya dengan mengonsumsi 1,4 ons dark chocolate memiliki manfaat untuk menurunkan hormon stres kortisol dan katekolamin dalam tubuh, sehingga mengurangi kecemasan kita.

2. Bayam untuk Membangkitkan Mood

Foto: vemale.com
 Guys, jika harimu terasa membosankan dan mood-mu sedang menurun, tak ada salahnya mengonsumsi salad bayam sebagai penawarnya. Asam folat yang terdapat pada bayam membantu tubuh kita untuk memproses dan menurunkan kadar homosistein. Kamu perlu tahu bahwa kadar homosistein yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan mengganggu aliran darah serta nutrisi ke otak. Aliran darah yang terganggu ini dapat membuatmu merasa lamban, mengantuk, dan mood menjadi berkurang. Nah, kalau sudah begini produktivitas pun menjadi menurun, bukan? Jangan sampai kamu keterusan, ya, Guys!

3. Teh Hijau untuk Efek Menenangkan

Foto: elsinta.com
Teh hijau mengandung zat tanin, yang berfungsi menenangkan pikiran, meningkatkan fokus dan membantumu mempertahankan konsentrasi. Selain teh hijau, bahan makanan lain seperti asparagus, buah-buahan yang kaya vitamin C, dan makanan yang kaya akan zinc dapat pula kamu konsumsi, karena bahan tersebut memiliki efek menenangkan pikiran dan tubuhmu.

4. Apel dan Selai Kacang untuk Kamu yang Sedang Uring-uringan dan Mudah Tersinggung

Foto: malang.merdeka.com
Kamu sedang bete, Guys? Atau lagi uring-uringan? Ada teman yang salah bicara sedikit saja langsung tersinggung? Hmmm … ini dapat menjadi pertanda bahwa tubuhmu sedang membutuhkan bahan bakar. Dengan memasukkan lemak dan protein ke dalam salah satu pilihan menumu dipercaya cukup membantu untuk memperlambat proses pencernaan. Efeknya akan menyebabkan kadar gula dan energi pada tubuhmu tetap stabil.

5. Sereal dengan Susu Rendah Lemak untuk Mengurangi Rasa Sedih

Foto: shutterstock.com
Jika kamu sering merasa sedih sepanjang waktu, bisa jadi disebabkan oleh kurangnya vitamin D di dalam tubuh. Cobalah untuk mengonsumsi sereal gandum dan susu.
Vitamin D yang terkandung di dalam bahan makanan dan minuman tersebut memiliki banyak peran, diantaranya untuk membantu memproduksi serotonin. Nah, serotonin ini dikenal sebagai hormon yang membantu kita menstabilkan suasana hati dan mengurangi perasaan depresi.

6. Ikan untuk Mengurangi Perasaan Cemas

Foto: blog.kulina.com
Guys, terkadang rasa cemas sering menghampiri kehidupan kita. Dalam kondisi seperti ini, mengkonsumsi ikan ternyata dapat menjadi pilihan tepat, lho!
Ikan seperti salmon, mackerel, dan tuna mengandung asam lemak Omega 3 yang akan membantu mengurangi kecemasanmu.

7. Kamu sedang PMS ? Sandwich Telur dapat Membantu Menjaga Mood-mu

Foto: pulse.ng
PMS atau Pre Menstruation Syndrome adalah suatu kondisi dimana wanita mengalami bad mood menjelang kedatangan “tamu bulanannya”. PMS ini kerap membuat wanita baper, sakit kepala, dan berada dalam kondisi emosi yang labil.
Untuk mencegahnya, kamu disarankan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat selama masa PMS berlangsung. Karbohidrat ini membantu tubuh meningkatkan kadar hormon serotonin, yang bermanfaat menjaga stabilnya mood kita. Tapi jangan lupa, ya, hindari mengkonsumsi karbohidrat tinggi lemak dan gula seperti kue, keripik, atau donat yang justru dapat membuat suasana hatimu bertambah baper.
Nah, sekarang tak perlu bingung lagi kan bila mendadak suasana hatimu tak menentu. Kamu dapat memilih makanan yang dibutuhkan untuk mengubah suasana hati menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Selamat mencoba ya, Guys!