Hai, Takaiters!

Bicara tentang gurun pasir, pastinya sangat identik dengan negara-negara di Timur Tengah, ya, Guys. Apa jadinya jika Indonesia yang termasuk negara tropis ini tiba-tiba punya gurun pasir ajaib? Sepertinya terdengar sangat mustahil, tetapi faktanya, padang pasir itu benar-benar muncul di negara kita, lho.

Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan padang pasir yang berasal dari partikel-partikel vulkanik akibat letusan Gunung Merapi yang amat dahsyat. Partikel vulkanik ini kemudian terbawa aliran sungai dan dihempas gelombang ombak, menyebabkannya terombang ambing, terkikis, hingga menjadikannya debu-debu halus seperti yang kamu lihat sekarang.

Munculnya Gumuk Pasir di Bantul, Yogyakarta ini tentu disambut antusias oleh para wisatawan. Awalnya, warga sekitar tidak mengetahui betapa istimewanya Gumuk Pasir ini hingga datanglah tamu asing dari luar negeri yang memastikan bahwa Gumuk Pasir ini layak jadi warisan dunia karena termasuk langka dan satu-satunya di Asia Tenggara!

Bukan hanya menjadi incaran para traveler, Gumuk Pasir Parangkusumo juga diincar oleh ahli geologi serta geografi, lho!

Gumuk Pasir Parangkusumo
Foto : asliindonesia.net

Gumuk Pasir Parangkusumo begitu istimewa bahkan saat ini telah direkomendasikan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO, Guys. Para ahli geologi serta geografi juga penasaran banget dengan keberadaan gurun pasir ajaib ini. Mereka antusias melakukan penelitian di Gumuk Pasir Parangkusumo yang terbentuk dari partikel-partikel vulkanik dan telah melewati ribuan tahun lamanya.

Karena itu tak heran jika Sri Sultan Hamengkubuwana X menghimbau supaya kawasan wisata ini haruslah bebas dari bangunan rumah maupun usaha.

Gumuk Pasir Parangkusumo sangat cocok untuk lokasi sandboarding

Gumuk Pasir Parangkusumo
Foto : yukpiknik.com

Gumuk Pasir yang terletak di sepanjang Sungai Opak lurus hingga Pantai Parangtritis ini rupanya termasuk gumuk Barchan dengan ketinggian mencapai 5-15 meter. Ketinggian ini rupanya disebut sangat cocok untuk lokasi sandboarding, lho. Jadi, lokasi wisata ini enggak cuma cantik buat dijadikan lokasi selfie saja, Guys, kamu juga bisa seru-seruan bersama orang terdekatmu.

Uniknya, lokasi ini menjadi satu-satunya lokasi sandboarding di Asia Tenggara. Keren banget, ya!

Pilihan Editor



Menjadi langka dan istimewa, Gumuk Pasir Parangkusumo wajib dilestarikan, Guys

Hasil gambar untuk Gumuk Pasir Parangkusumo
Foto: brobali.com

Tahukah kamu alasan kenapa Gumuk Pasir yang ada di Yogyakarta ini disebut langka dan sangat istimewa?

Seperti dikutip dari travel.kompas.com, Gumuk Pasir Parangkusumo termasuk gumuk pasir pesisir yang sebenarnya juga ada di Vietnam dan Filipina. Di Indonesia, gumuk pasir ini juga muncul di daerah lainnya, sayangnya, hanya Gumuk Pasir Parangkusumolah yang mengalami pembentukan lebih signifikan dibandingkan daerah lainnya.

Gumuk Pasir jenis barchan ini seharusnya muncul di wilayah beriklim kering ataupun setengah kering, tetapi gumuk pasir Barchan yang muncul di Yogyakarta justru terbentuk dengan iklim tropika basah. Dan inilah alasan kenapa ia begitu istimewa dan patut dilestarikan.

Gumuk Pasir Parangkusumo pun memiliki suhu ekstrim yang sama persis seperti gurun pasir di Timur Tengah

Foto: detik.com

Lebih ajaibnya lagi, Gumuk Pasir yang bisa kamu jumpai di Yogyakarta ini juga punya suhu yang sangat panas ketika siang hari. Sensasi yang bikin kamu merasa seperti berada di gurun pasir wilayah Mesir. Sedangkan saat malam, suhu gumuk pasir ini bisa sangat dingin layaknya gurun pasir asli. Duh, jadi pengen menikmati sensasi itu, ya, Guys?

Itulah beberapa fakta tentang Gumuk Pasir Parangkusumo yang saat ini mulai terusik oleh keberadaan bangunan rumah di sekitarnya. Sayang banget kalau sampai gumuk pasir seistimewa ini harus rusak. Sebab, bukan hanya bisa jadi lokasi wisata yang mampu meninggikan nama Indonesia di mata dunia, gumuk pasir ini juga mampu menahan gelombang laut pasang. So, sudah seharusnya kita turut menjaga dan melestarikannya!