Halo, Takaiters!

Indonesia memang memiliki keragaman tipologi. Tidak heran ada beberapa fenomena alam menakjubkan yang dapat dijumpai di negeri tercinta ini. Pernahkah kamu mendengar bahwa Indonesia juga memiliki gurun pasir yang indah dan menawan? Jika belum pernah mendengar, buktikan dengan berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusumo.

Ya, Gundukan pasir yang terletak di Kabupaten Bantul ini menjadi kebanggaan warga Jogjakarta. Ternyata, gumuk pasir hanya ada beberapa gelintir saja di dunia, termasuk di Jogjakarta. Saatnya kamu memahami aneka keunikan objek wisata kelas dunia yang membanggakan ini,

Satu-satunya Gumuk Pasir Terunik di Asia Tenggara

Foto: kasmtour.co

Gumuk Pasir Parangkusumo telah terbentuk ribuan tahun. Selain objek wisata, gumuk pasir juga dijadikan objek penelitian. Bahkan, rencananya, Gumuk Pasir Parangkusumo akan dimasukkan dalam daftar Unesco World Heritage karena merupakan fenomena alam yang tidak biasa, dan hanya ditemukan satu-satunya di Asia Tenggara.

Di Asia Tenggara, gumuk pasir sedikitnya terdapat di tiga negara, yakni Filipina (La Paz Sand Dunes), Vietnam (Mui Ne Sand Dunes), dan Indonesia. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa gumuk pasir yang memanjang di selatan Jawa. Namun, pembentukan paling signifikan terdapat di Jogjakarta.

Gumuk Pasir Parangkusumo bertipe barchan, tetapi iklimnya tropika basah. Hal inilah yang menjadikan Gumuk Pasir Parangkusumo langka. Gumuk pasir ini bahkan seharusnya tidak terbentuk karena iklimnya yang tidak sesuai. Inilah yang membuat Gumuk Pasir Parangkusumo istimewa .

Terbentuk dari Hasil Erupsi Gunung Merapi

Foto: duniasejutawarna.blogspot.com

Gundukan pasir ini berasal dari hasil erupsi Gunung Merapi yang endapannya dibawa oleh sungai-sungai yang bermuara di Pantai Selatan, antara lain Sungai Opak dan Sungai Progo. Setelah terendap di pinggir pantai, barulah angin dari Samudra Hindia mengukir tumpukan pasir ini. Jadilah bentang alam yang unik. Hmm, karya Tuhan memang luar biasa, ya?

Terkenal Sebagai Tempat Shooting Bintang Lokal Maupun Mancanegara

Foto: picssr.com

Dengan bentang alamnya yang unik, gumuk pasir Parangkusumo menjadi  objek yang indah bagi para fotografer. Area Gumuk Pasir Parangkusumo juga pernah dijadikan syuting film Wanita Berkalung Sorban, video klip AgnezMo dan group band Letto. Tidak hanya itu, tempat ini juga dijadikan tempat pengambilan gambar untuk prewedding dan manasik haji sebagai contoh keadaan padang pasir di Mekah yang akan dirasakan oleh para rombongan haji.

Surganya Sandboarder

Foto: eksotisjogja.com

Kita patut berbangga, karena lagi-lagi objek wisata ini adalah satu-satunya gumuk pasir yang menjadi objek wisata sandboarding di Asia Tenggara. Dengan ketinggian sekitar 20 meter, pengunjung dapat meluncur sepanjang 200 meter. Terdapat pengaman untuk siku, lutut, dan helm, sehingga pengunjung tidak perlu takut untuk meluncur. Kamu bisa membuat vlog yang unik dan kece di kawasan ini.

Nah, sediakan waktumu untuk mengeksplorasi indahnya gumuk pasir Parangkusumo kebanggaan negeri ini. Selamat mencoba!