Hallo Takaiters,

Kamu tentunya sudah mengetahui bahwa Jawa Barat adalah suatu daerah di Indonesia yang banyak memiliki keindahan alam yang menarik untuk dikunjungi. Di antara beberapa daerah wisata yang menawan di tanah Pasundan ini ada yang namanya Green Canyon yang merupakan wisata alam yang unik dengan keindahannya yang sangat menakjubkan.

Green Canyon memiliki kemiripan nama seperti Grand Canyon di Colorado, Amerika Serikat. Bagi penduduk setempat Green Canyon dikenal dengan nama Cukang Taneuh (Jembatan Tanah) karena terdapat jembatan alami dari tanah yang digunakan petani untuk menuju ke kebun mereka.

Pada tahun 1993 seorang warga Perancis menyebut tempat ini dengan nama Green Canyon karena tempat ini didominasi oleh warna hijau yang antara lain adanya air sungainya yang kehijau-hijauan dan sisi tebing yang ditumbuhi lumut berlimpah sehingga berwarna kehijau-hijauan juga.

Green Canyon yang berjarak sekitar 30 km dari pantai Pangandaran ini adalah merupakan aliran sungai Cijulang yang arahnya melintasi sebuah gua. Green Canyon menyuguhkan pemandangan pohon-pohon yang menghijau di sepanjang tepian sungai.

Pilihan Editor

Kamu bisa melakukan perjalanan dengan menyewa perahu untuk menyisir sungai sembari menikmati keindahan hutan di kanan dan kiri. Setelah menelusuri sungai yang semakin menyempit kamu akan menemukan gua dengan stalaktit dan stalagmit yang meneteskan air. Gua ini menyisakan sedikit ruang untuk masuknya sinar matahari.

Selanjutnya kamu bisa melanjutkan petualangan menjelajahi tempat ini dengan berenang atau merayap di tepi bebatuan karena perahu tak bisa melewati alur sungai yang menyempit tersebut. Disediakan ban dan pelampung yang memilih berenang. Kamu juga akan dipandu oleh seorang pemandu wisata.

Setelah menjelajahi beberapa ratus meter kamu akan menemukan beberapa air terjun di kanan dan kiri yang membuat suasana di tempat ini terasa begitu sejuk.Kamu juga akan menemukan sebuah batu besar yang tingginya sekitar 10 meter sehingga bisa memanjatnya untuk dapat melihat pemandangan sekitarnya yang sangat luar biasa. Bagi kamu yang bernyali besar bisa melakukan kegiatan yang memacu andrenalin yaitu dengan terjun dari ketinggian batu tersebut.

Bagaimana Takaiters? Kamu tertarik untuk menikmati keindahan alam tanah Pasundan yang eksotis ini? Mari kunjungi wisata alam Green Canyon, kamu pasti akan merasakan petualangan alam yang begitu fantastis.