Pagi sahabat Semua, Ada yang pernah ke Sumatera Barat ?
Pernah dengar Godok Batinta belum ?

Yapt,,seperti gambar diatas merupakan godok batinta. Godok Batinta merupakan cemilan khas dari Sumatera Barat yang bahan utamanya adalah Pisang. Teristimewa dari Godok Batinta ini adalah tekstur bagian dalamnya yang lembut dan kriuk-kriuk dibagian luarnya nan begitu menggugah selera bagi siapa saja yang mencicipinya. Oh ya, tinta yang saya sebutkan disini bukan tinta spidol ya,,hahaha.

disebut Godok Batinta karena dilumuri oleh gula jawa yang berwarna coklat kehitaman. Orang minang menyebutnya dengan Gulo Saka.

Untuk proses pembuatan Godok Batinta terbilang cukup mudah. Seperti saya bilang tadi, bahan utama dari Godok Batinta ini adalah pisang. Pisang dicampur dengan tepung beras kemudian dicampur dengan bahan -bahan lainnya seperti kelapa parut dan garam. Aduk semua adonan lalu kepalkan sebesar kepalan tinju anak-anak lalu goreng hingga warna kekuning-kuningan.

Untuk pembuatan tintanya cukup panaskan air, tambahkan gula jawa serta daun pandan. masak hingga gula jawa mencair dan mengental. Setelah gula mencair dan mengental, berarti tinta siap disiramkan pada godok yang sudah digoreng tadi. Rasa manis yang dominan ditambah dengan tekstur dalamnya yang lembut membuat kenikmatan yang tersendiri bagi yang mencicipinya apalagi ditemani oleh secangkir teh manis hangat.

Itulah salah satu cemilan khas minang.