Keberadaan Instagram sebagai platform berbagi foto bagi sebagian besar kalangan tak hanya dimanfaatkan sebagai ajang untuk memamerkan diri mereka, tempat wisata fotogenik yang telah dikunjungi, atau berbagai olahan kuliner yang dicicipi. Tidak sedikit pula pengguna aplikasi ini yang gemar mengabarkan aktivitas terkini dari hewan peliharaan mereka. Dan salah satu hewan yang paling banyak akan kamu temukan di media sosial ini adalah kucing.

Tingkah pola lucu dan ekspresi menggemaskan hewan berbulu ini terkadang jauh lebih menarik perhatian ketimbang kegiatan sehari-hari pemiliknya itu sendiri. Sadar akan hal itu, maka muncullah fenomena pengguna Instagram yang mendedikasikan akun khusus sebagai wadah ekslusif untuk membagikan dan menyebarluaskan keseharian kucing peliharaan mereka.

Dari sekian banyak akun kucing yang berseliweran di Instagram, berikut lima kucing menggemaskan yang bisa jadi followernya lebih banyak daripada yang kamu punya.

5. Pudge the Cat (@pudgethecat)

Foto: obsev.com

Kucing betina ini punya kumis lucu berwarna putih. Ya, bukan kumis lentik tipis yang sewajarnya dimiliki seekor kucing. Tapi, kumis layaknya seorang manusia. Fitur menggemaskan tersebut melengkapi keelokan wajahnya yang bicolor alias dua warna. Tak kurang dari 667.000 pengikutnya di Instagram setia menunggu update aktivitas kucing imut yang satu ini.

4. Hamilton si Kucing Hipster (@hamiltonthehipstercat)

Foto: imgur.com

Sesuai nama yang disandangnya, kucing periang ini punya kumis hipster unik yang membuatnya menjadi sensasi di jagat maya. Kabarnya, dulu ia hanyalah seekor kucing liar sebelum akhirnya ditemukan dan dibesarkan oleh seorang pelawak tunggal setempat bernama Jay Stowe.

Hamilton yang saat ini tinggal di San Francisco, Amerika Serikat, punya 880.000 pengikut dari lintas platform dan 95% dari angka tersebut berasal dari aplikasi berbagi foto, Instagram. Selain dari negeri Paman Sam, sebagian besar penggemarnya paling banyak berasal dari Inggris dan Kanada.

Pilihan Editor



3. Lil BUB (@iamlilbub)

Foto: youtube.com

Sebetulnya, Lil BUB mengalami semacam mutasi genetik yang menyebabkan wajahnya jadi terlihat seperti ini. Akan tetapi, justru posenya yang senantiasa menjulurkan lidah seperti inilah yang membuatnya jadi seterkenal sekarang.

Kucing yang punya pengikut lebih dari 1,7 orang di Instagram ini pernah membintangi sebuah film dokumenter berjudul Lil Bub & Friends. Lil Bub bahkan telah ikut berkontribusi menggalang dana bagi ASPCA (sebuah lembaga sosial nirlaba yang bertujuan melindungi hewan) dan telah menghasilkan dana tak kurang dari 300.000 dolar Amerika sejak tahun 2012.

2. Grumpy (@realgrumpycat)

Foto : ist/realgrumpycat

Hingga kini tercatat ada 2,4 juta follower-nya di Instagram. Dan hebatnya lagi, pengikutnya di Facebook kini telah menyentuh angka 8,7 juta! Sudah tidak terhitung banyaknya surat kabar, acara televisi, dan (apalagi) gambar jenaka yang menampilkan wajah kesal dan malasnya. Jika berkunjung ke daerah tempat tinggalnya di Arizona, Amerika Serikat, kamu akan dengan mudah menemukan suvenir, aksesoris, dan pernak-pernik yang terkait dengan sosoknya.

1. Nala cat (@nala-cat)

Foto: minimums.com

Nala adalah seekor kucing yang diadopsi dari tempat penampungan lantaran ‘dibuang’ oleh pemilik sebelumnya yang kewalahan mengurus banyaknya kucing yang ia punya. Siapa sangka, saat ini Nala ada dalam jajaran kucing instafamous yang gerak-gerik dan tingkah lakunya selalu ditunggu-tunggu oleh khalayak warganet.

Jumlah pengikutnya di Instagram saat ini adalah yang terbanyak dengan angka 3,4 juta follower! Fakta mengejutkan lainnya adalah, Indonesia menjadi negara kedua terbanyak setelah Amerika Serikat yang warganya menjadi audiens kucing menggemaskan ini di Instagram. Selain menjual berbagai merchandise dan tampil dalam berbagai acara, Nala juga ikut menyosialkan kesadaran akan pentingnya hewan peliharan untuk diadopsi.

Selain menebar kasih sayang dan kegemasan ke seluruh dunia, kucing-kucing di atas juga telah membantu kesadaran para pengikutnya untuk lebih peduli terhadap hewan peliharaan yang mereka punya.