Siapa bilang faktor usia menjadi menjadi sebuah halangan bagi seseorang untuk berkontribusi terhadap kepentingan orang lalin, seperti halnya yang dialami oleh pemuda belia di Desa Ciptagelar, Sukabumi, Jawa Barat, bernama Gamma Abdulrahman Thorir.

Di usia yang masih belia, pemuda berusia 17 tahun ini mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat sekitar Desa Ciptagelar, Sukabumi, Jawa Barat dengan memberikan bantuan listrik lewat pembangkit listrik mikro yang berbasis air.

Seperti yang diberitakan Kontan (7/10), Gamma menjelaskan bahwa proyek mikrohidrologi yang dikembangkan melaui Micro Hydro for Indonesia yang memiliki tujuan mulia yaitu meningkatkan akses listrik hingga ke pelosok-pelosok daerah. Jadi dengan adanya bantuan listrik di daerah-daerah tersebut diyakini kesenjangan pasokan listrik akan berkurang.

Sebagai pemuda belia yang sangat peduli akan dunia sosial, Gamma melakukan kegiatan sosial ini tidak dalam kurun waktu yang singkat lebih tepatnya terjadi sejak tahun 2015, awalnya ia harus melakukan riset terlebih dahulu secara mandiri dan melakukan edukasi kepada relawan. Bukan cuma itu saja, ia juga harus menyiapkan proposal yang natinya akan digunakan untuk mendapatkan dukungan dan pendanaan dari pemerintah daerah terkait.

Pilihan Editor

Penerapan teknologi mikro hidro di Desa Ciptagelar, Sukabumi, Jawa Barat bukanlah semata-mata hanya untuk ceremonial belaka melainkan harus mendapatkan perhatian yang serius dari pemerintah daerah setempat.

Selain itu, penerapan teknologi mikro hidro juga direncanakan akan membuat para masyarakat Desa Ciptgelar, Sukabumi, Jawa Barat menjadi mandiri dalam mengelolah teknologi mikro hidro dan memanfaatkan listrik ini. Mengapa demikian?

Hal ini terjadi karena adanya tranfer ilmu pengetahuan dan juga edukasi kepada masyarakat bagaimana cara mengelolah dan memanfaatkan teknologi mikro hidro untuk listrik tersebut.

Atas pencapaiaan dan keberhasilan ini, Gamma pun lantas tidak jemawah melainkan ia mengungkapkan keberhasilan proyek ini merupakan buah hasil kerja keras seluruh tim maupun dukungan dari masyarakat Desa Ciptagelar, Sukabumi, Jawa Barat yang telah meluangkan waktu siang dan malam untuk menyelesaikan proyek ini.

Apresiasi atas keberhasilan proyek pemanfaat listrik energi terbaharukan ini juga mendapat tanggapan positif dari Wakil Menteri ESDM, Arcanda Tahar, ia mengatakan keberhasilan Gamma dan seluruh timnya dapat dijadikan motivasi dan inspirasi bagi anak-anak muda Indonesia lainnya agar kelak mampu memberikan kontribusi kepada lingkungan masyarakat sekitar.

Selain itu, Arcanda Tahar juga menambahkan, bahwa proyek teknologi mikro hidro ini merupakan sebuah bukti atas kemampuan anak-anak muda Indonesia untuk ikut serta dan berkontribusi kepada masyarakat sekitar. Dan, tidak lupa hal ini juga bisa sebagai pendorong lahirnya energi-energi terbaharukan lainnya.

Sehingga dengan keberhasilan penerapan teknologi mikro hidro di Desa Ciptagelar, Sukabumi, Jawa Barat diharapkan akan mendorong pelaku bisnis dan masyarakat untuk lebih aktif lagi mengembangkan energi alternatif di Indonesia.