Hai, Takaiters

Apakah Takaiters menunggu tanggal 11 November? Ada apa, sih, tanggal tersebut. Iklan di media masa sudah gencar menayangkan 11.11. Bagi kamu yang mempunyai hobi belanja pasti tahu tanggal unik itu. Hari belanja online terbesar di dunia. Diskon besar-besaran meramaikan acara tersebut.

Mengapa tanggal tersebut dimanfaat oleh pebisnis termasuk di Indonesia untuk memberikan diskon besar-besaran? Tentu, hal tersebut tidak akan muncul begitu saja. Yuk, kita lihat sejarahnya.

Tahun 1990, mahasiswa dari Universitas Nanjing melakukan protes untuk perayaan Valentine.
Mereka tidak bisa hadir karena tidak punya pasangan. Mereka ingin juga mempunyai tanggal spesial.

Kurang lebih ada 180 juta jomblo di Cina saat ini. Dengan munculnya hari jomblo, mereka tidak merasa minder lagi karena hanya dianggap sebelah mata oleh masyarakat. Jomblo yang berasal dari berbagai kalangan dan pendidikan, mengadakan acara makan malam dengan sesama jomblo.

Foto: berita.dreamers.id

Santapan yang disajikan biasanya empat Youttao atau cahkwe. Hal ini menggambarkan empat angka 1 sebagai simbol 11.11 (11 November) sedangkan satu bakpao menunjukan simbol titik yang memisahkan empat angka 1.

Tahun 2011, situs kencan online di kota Shanghai pernah mengadakan kencan buta terbesar di dunia. Kegiatan itu berhasil mengumpulkan sepuluh ribu lajang.

Mengapa mereka memilih tanggal 11 bulan 11? Mau tahu, Guys?

Angka 11.11 merupakan perpaduan angka yang unik, maknanya “sendiri” alias jomblo. Perayaan ini dikenal dengan “Single Day” atau ” Guanggun Jie”.

Jomblo, mengapa harus sedih?

Foto: yoopress.com

Tidak mempunyai pasangan bukan berarti harus gundah gulana dan putus asa. Banyak yang bisa dilakukan untuk merayakan hari jomblo. Misalnya makan, nonton, berlibur atau belanja dengan teman sesama jomblo. Kalau memang jodoh, pada perayaan ini tidak menutup kemungkinan mendapat jodoh. Dari semua kegiatan para jomblo tersebut, belanja merupakan acara yang paling digemari. Memang, bukan hanya jomblo saja yang mengemari belanja, siapa pun akan menyukai belanja. Betul atau betul?

Foto: hipwee.com

Untuk belanja, tentunya ada dana yang harus disediakan. Peluang ini langsung ditangkap oleh pelaku bisnis dengan memberikan diskon besar-besaran. Mereka menganggap, dengan memberikan diskon yang besar akan menarik pelanggan untuk berbelanja.

Di Indonesia, tanggal 11 bulan 11 sebagai hari Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional. Bagi yang mempunyai hobi belanja, hari tersebut tidak akan disia-siakan. Mereka akan memborong karena kesempatan memperoleh diskon yang besar pada hari tersebut
Hari itu merupakan surga tersendiri bagi penggila belanja online, termasuk juga bagi penjual barang dagangan.

Takaiters, tertarik belanja di Harbolnas? Sebelum tanggal tersebut, mulai untuk melihat-lihat barang yang akan dibeli karena waktunya hanya satu hari saja. Tentunya, jangan lupa menyediakan dananya, ya.