Jembatan Kelok 9 adalah sebuah jalan yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Riau. Jalan sepanjang 300 meter ini membentang di Jorong Aie Putiah, Nagari Sarimalak, di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Dinamakan Kelok 9 karena memang terdapat sembilan kelokan di ruas jalan yang menuruni lereng bukit ini.

Dahulu, jalan ini sering kali menjadi momok bagi pengendara karena kondisinya yang cukup menantang. Jalan selebar 5 meter ini dihiasi banyak tikungan tajam yang berbatasan langsung dengan jurang dan diapit dua perbukitan. Namun, sejak dibangun jembatan layang beberapa tahun lalu, jalan ini justru jadi favorit banyak orang. Mau tahu alasannya?

Berikut ini 4 fakta unik seputar Jembatan Kelok 9 yang bakalan bikin kamu mupeng pengen ke sana:

1. Karya asli anak bangsa

kelok sembilan
Foto : wikimedia.org

Dengan mengadopsi konsep green construction, para putra terbaik Indonesia membangun jembatan ini. Bahan-bahan yang dipakai juga merupakan produksi dalam negeri sendiri. Jembatan yang mulai dibangun sejak tahun 2011 ini diresmikan oleh presiden RI pada tahun 2013 yang lalu.

2. Konstruksi yang unik

kelok sembilan
Foto : aktual.com

Yang membanggakan, tak hanya hasil karya anak negeri, jembatan Kelok 9 juga memiliki desain konstruksi yang unik. Kalau dulu, pengendara hanya disuguhi dengan pemandangan jurang dan tebing yang mengapit jalan, kini Takaiters bisa menikmati suasana yang jauh lebih indah.

Pilihan Editor

Jembatan layang ini ditopang oleh 30 pilar yang kokoh dengan ketinggian mencapai 15 meter. Setiap harinya, jembatan ini bisa menampung sampai 14.000 kendaraan di atasnya. Kelok 9 juga memiliki jembatan penghubung yang meliuk-liuk dengan indah sepanjang 2,5 km. Kalau dilihat dari udara, konstruksi jembatan ini tampak rumit sekaligus unik. Nggak salah kalau jembatan ini menjadi ikon megakonstruksi terbaru kebanggaan warga Sumbar.

3. Destinasi wisata baru di tanah minang

kelok sembilan
Foto : 4.bp.blogspot.com

Saking indahnya pemandangan, banyak pengendara yang sengaja melintasi jalan ini untuk menikmati suasana. Buat Takaiters yang hobi ber-selfie ria, tempat ini sangat cocok dan instagramable banget deh.

4. Usianya jauh lebih tua dari Indonesia

kelok sembilan
Foto : waskita.co.id

Sejak pemerintahan Hindia Belanda, tepatnya tahun 1910, jalan ini sudah dibangun. Meski demikian, bangunan aslinya masih tampak megah dan kuat. Keberadaan jembatan layang di atasnya makin mempercantik penampilan daerah ini secara keseluruhan.

Nah, itu tadi 4 fakta unik tentang Jembatan Kelok 9 yang menjadi kebanggaan warga Sumbar. Pengen menikmati keindahannya? Datang dan buktikan sendiri ya!