Saat Anda berlibur ke Aceh, tidak ada salahnya Anda mencoba wisata kulinernya. Di zaman sekarang makanan tradisional nusantara dapat kita jumpai di mana saja. Apalagi makanan Khas Aceh juga sudah banyak dikenal dan menjadi tidak asing lagi dilidah orang Indonesia.

Saat ini variasi dari jenis makanan Aceh pun banyak, seperti mie Aceh, sate Matang, sayur pliek U, kuah masam keu-eung, ayam tangkap, rujak Aceh dan banyak lainnya. Aceh juga mempunyai kopi yang khas, yaitu kopi gayo.

Banyak makanan Aceh yang sudah terkenal, bagaimana dengan kue-kuenya. Yuk kita lihat apa saja makanan ringan dari daerah Aceh:

  1. Manisan Pala
makanan ringan khas aceh
Foto : 1.bp.blogspot.com

Kabupaten Aceh Selatan adalah penghasil komoditi pala terbesar di Aceh, bahkan di Pulau Sumatera. Manisan ini sering disajikan pada perayaan hari raya dan hari-hari besar . Manisan ini juga sering menjadi buah tangan untuk wisatawan lokal dan mancanegara.

Manisan buah pala termasuk industry rumah tangga yang banyak dijumpai di kabupaten ini. Selain diolah menjadi manisan dan sirop, pala dapat juga dibuat menjadi minyak pala yang berkhasiat tinggi untuk mengobati luka. Bahkan kini kue dan kembang gulapun dapat dibuat dari buah pala.

  1. Pisang Sale
makanan ringan khas aceh
Foto : abulyatama.ac.id

Makanan khas aceh ini banyak ditemukan di Kabupaten Aceh Timu. Pisang Sale merupakan makanan ringan masyarakat Aceh sejak dulu dan sudah terkenal dimana-mana. Pisang Sale selalu menjadi buah tangan para wisatawan.

Pilihan Editor

Pisang Sale dibuat dengan cara dikupas kulitnya kemudian dijemur, setelah mengering barulah dilakukan pengasapan sehingga lebih tahan lama dan lebih awet, Selanjutnya di lumuri gula tebu, betapa nikmatnya ya Takaiters. Pisang sale termasuk makanan yang sehat dan bergizi.

  1. Kue Bhoi
makanan ringan khas aceh
Foto : republika.co.id

Kue bhoi adalah makanan ringan khas Aceh Besar dan dikenal luas oleh masyarakat Aceh. Bentuknya bermacam-macam, seperti bentuk ikan, bintang, bunga dan lain-lain. Kue bhoi terkadang di jadikan salah satu isi dari bingkisan seserahan pria untuk calon pengantin wanita pada saat acara pernikahan. Sering juga ditemui di acara-acara besar Aceh. Makanan ringan ini dapat di temui di pasar-pasar tradisional atau dapat dipesan langsung kepada pembuatnya.

  1. Meuseukat
makanan ringan khas aceh
Foto : bppauddikmasaceh.id

Makanan ringan semacam dodol nanas khas Aceh. Terbuat dari tepung terigu dan campuran buah nanas. Paduan yang unik dengan cita rasa yang khas, bukan? Meuseukat jarang di temui di pasar tradisional dan hanya bisa dipesan terlebih dahulu. Makanan ini juga sering di bawa pada acara perkawinan aceh dan sekarang sering juga di jadikan buah tangan.

  1. Kue Timphan
makanan ringan khas aceh
Foto : amazonaws.com

Kue khas Aceh yang sudah sangat terkenal ini merupakan kue wajib sebagai hidangan khas saat hari raya. Terbuat dari tepung beras, santan kelapa, pisang, dan sejumlah bahan lainnya. Dibalut dengan pucuk daun pisang muda dan kemudian dikukus. Khusus untuk isinya dapat memakai serikaya atau kelapa manis.

  1. Kue Keukarah
makanan ringan khas aceh
Foto : suararepublik.co.id

Makanan ringan ini biasa juga dikenal dengan nama kue sarang burung. Kue ini sangat renyah, garing, manis dan enak. Apalagi di sajikan dengan secangkir kopi. Makanan ringan khas Aceh ini juga dapat di jumpai di acara-acara hajatan, hari raya dan perayaan hari besar lainya.

Itulah beberapa macam makanan ringan khas Aceh yang perlu kita ketahui sebagai bagian dari kekayaan kuliner nusantara.