Halo, Takaiters!

Belum genap sebulan setelah kepergian Stan Lee sang pencipta komik Marvel pada tanggal 12 November 2018, kini dunia kembali berduka. Satu lagi pencipta komik berbakat telah meninggalkan kita semua.  Dialah  Stephen Hillenburg, seorang komikus yang merupakan pencipta salah satu tokoh kartun yang populer di seluruh dunia yaitu Spongebob Squarepants. Selain pencipta komik, Hillenburg juga seorang penulis, sutradara, animator, dubber, dan ahli biologi kelautan. Ia juga pernah menulis, menyutradarai, dan memproduksi film Spongebob Squarepants pada tahun 2004.

Foto: hot.detik.com

Kabar meninggalnya Hillenburg diumumkan langsung oleh Nickelodeon. Pengumuman dilakukan melalui akun resmi twitternya pada tanggal 28 November 2018 pukul 12.34 waktu Indonesia. Hillenburg meninggal dunia diusia 57 tahun akibat penyakit Neuron Amyotrophic Lateral Sclerosis( ALS). Ia diketahui menderita penyakit ini sejak bulan maret 2017.  Kepergian Hillenburg membuat banyak orang merasa kehilangan. Apalagi selama ini ia dikenal sebagai sosok yang menyenangkan. Karakternya yang ceria, banyak bicara, dan senang membantu orang-orang yang ada disekitarnya.

Foto: jateng.tribunnews.com

Hillenburg lahir pada tanggal 21 Agustus tahun 1961  di pos angkatan darat di Lawton Oklahoma Amerika Serikat. Ayahnya merupakan seorang yang bertugas di militer, yang kemudian menjadi juru gambar dan desainer untuk perusahaan kedirgantaraan, sedangkan ibunya merupakan seorang guru yang mengajar untuk tuna netra. Ia menciptakan tokoh kartun Spongebob pada tahun 1999, yang langsung menjadi populer di masyarakat.

Stephen Hillenburg
Foto: webxalo.com

Sejak kemunculannya tokoh Spongebob Squaepants sudah menarik perhatian masyarakat. Sosok Spongebob yang polos, humoris, ceria mulai banyak diidolakan banyak orang. Jadi tidak mengherankan kalau saat ini serial Spongebob Squarepants telah diterjemahkan lebih dari 60 bahasa di dunia dan memiliki lebih dari 200 episode. Dari serial ini juga Stephen Hillenburg mendapatkan penghasilan lebih dari USS 140 juta dari hasil penayangannya di seluruh dunia.  Bahkan serial ini sudah 9 kali dinominasikan pada ajang Emmy Awards. Pada awal tahun 2018 Hillenburg mendapatkan penghargaan khusus dalam ajang Emmy Awards. Penghargaan ini diberikan atas kontribusinya dalam bidang animasi dan industri penyiaran.

Selamat jalan Hillenburg. Karyamu akan selalu diingat dan dikenang. Meskipun telah tiada, namun lewat serial Spongebob Squarepants engkau masih bisa memberikan keceriaan dan tawa kebahagiaan pada anak-anak di seluruh dunia.