Indonesia memiliki beragam budaya nusantara dari Sabang hingga Marauke. Kekayaan budaya ini, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing maupun domestik. Berbagai cara pun dilakukan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk melestarikan budaya daerahnya masing masing.

Nah, takaiters ada cara yang praktis dan murah agar kita bisa mengenal budaya nusantara lebih dekat lagi yakni dengan berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah.

Disana hampir semua daerah menampilkan budayanya masing masing, mulai dari rumah adat, kesenian, makanan khas daerah maupun sofenir khas budaya masing masing. Harga yang ditawarkanpun cukup bersahabat di kantong. Hehe…pastinya nggak bikin kantong jadi bolong ya guys.

Selain menjadi tempat wisata, TMII juga menjadi tempat untuk mempelajari tari kesenian daerah. Misalnya di Anjungan DKI, setiap hari Rabu sore dan Sabtu sore, rutin melakukan pelatihan kesenian Betawi.

Berbagai macam tari Betawi ada di sana seperti tari topeng Betawi, cokek, sirih kuning dan masih banyak lagi tarian daerah Berawi lainnya. Tak ketinggalan lenong bocah juga turut meramaikan aktivitas pelestarian budaya tersebut. Begitupun dengan anjungan lainnya seperti, Padang, Palembang, Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah dan lain-lain.

Pilihan Editor

Di setiap anjungan, juga tersedia berbagai macam masakan khas daerahnya. Menurut penuturan salah seorang pedagang yang membuka stand makanan di Anjungan Nangro Aceh Darussalam, bahwa ia diutus oleh daerahnya untuk menyajikan masakan khas aceh, seperti mie Aceh, dan masakan khas aceh lainnya. Ia adalah pemenang lomba masakan aceh yang diadakan oleh pemda setempat. Jadi, soal rasa jangan khawatir guys, mereka sudah teruji.

Nah, bagi takaiters yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, jika kamu ingin mengenalkan putra putrimu dengan budaya kesenian nusantara, kamu bisa langsung mendaftar ke Anjungan daerah yang kamu tuju.

Untuk uang pendaftarannya terbilang murah hanya seratus ribu rupiah saja, dan iuran bulanannya sangat murah, tergantung kebijaksanaan Anjungan masing masing daerah. Setelah mendftar kamu akan mendapatkan ID card yang berfungsi sebagai tiket gratis saat melewati pintu masuk.

Nah sebelum mulai latihan, kamu bisa bebas berkeliling menikmati keindahan ragam budaya tanah air. Menyenangkan ya takaiters, berwisata ditengah kota sambil mengenalkan budaya nusantara pada putra putri kita.