Hai, Takaiters!

Apakah kamu termasuk pencinta olah raga sepak bola, Guys? Pasti sudah tahu, dong, jika Piala Dunia kali ini dilaksanakan di negara mana?

Yapt! Tahun ini Rusia menjadi salah satu negara paling beruntung karena terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018. Rusia memilih Luzhniki Stadium sebagai stadion utama pertandingan sepak bola terbesar ini. Luzhniki Stadium akan menjadi tempat terlaksananya pagelaran pembukaan Piala Dunia tahun ini. Bagi kamu yang belum mengetahui banyak tentang stadion Rusia ini, simak ulasannya, Guys!

Luzhniki Stadium dibangun sejak zaman pemerintahan Rusia masih bernama Uni Soviet

Foto: goal.com

Tahukah kamu jika sejarah stadion yang dimiliki oleh negeri Beruang Merah ini dimulai sejak tahun 1952 di mana para atlet Uni Soviet berhasil membawa 71 medali dari Summer Olympics di Helsinki. Sejak saat itulah mereka merasa bahwa sudah saatnya Rusia memiliki fasilitas olahraga yang lebih memadai. Maka pada tahun 1955 dengan berlokasi di Moscow, stadion ini pun mulai dibangun, Guys. Waktu pembangunan stadion ini pun terbilang sangat singkat yakni hanya memakan waktu selama 450 hari. Jadi, tidak heran jika pada tahun 1956 stadion ini sudah dibuka dan mulai digunakan.

Event olahraga dunia yang pernah di selenggarakan di Luzhniki Stadium ternyata bukan hanya Piala Dunia 2018 saja, lho

Foto: en.wikipedia.org

Pada tahun 1980, Luzhniki Stadium ini pun mulai digunakan karena Rusia saat itu menjadi tuan rumah event olahraga dunia Summer Olympics 1980. Sedangkan pada tahun 1999, pertandingan final Liga Eropa antara Parma vs Marseille pun kembali digelar di stadion yang sama. Selain itu, pada 2008 silam, Luzhniki kembali menjadi stadion utama pertandingan final kompetisi elite Eropa antara Manchester United vs Chelsea, Guys. Istimewa banget, ya!

Pada tahun 2013, pemerintah Rusia sepakat menghancurkan Luzhniki Stadium dengan berbagai macam pertimbangan, termasuk untuk persiapan Piala Dunia 2018

Foto: rt.com

Pada tahun 1996, pemerintah Rusia melakukan pemugaran dengan menambahkan atap, bangku serta fasilitas lain yang lebih memadai. Sayangnya, pada tahun 2013 lalu, pemerintah Rusia memutuskan untuk menghancurkan bangunan asli dari stadion satu ini dengan alasan ingin memindahkannya dari kawasan Luzhniki area menuju Luzhniki embankment 24, Khamovniki District.

Selain alasan itu, Rusia juga merasa bahwa stadion ini telah mengalami banyak sekali kerusakan, ditambah lagi sebagai persiapan Piala Dunia 2018, maka stadion Luzhniki yang asli pun dimusnahkan dan kembali dibangun. Saat ini Luzhniki Stadium menjadi salah satu stadion megah seperti yang bisa kamu saksikan, Guys.

Gimana, menarik sekali, ya, sejarah serta fakta tentang Luzhniki Stadion ini. Selamat menikmati ajang Piala Dunia 2018, Guys. Jangan lupa jaga kesehatan supaya kamu bisa tetap menikmati event olahraga dunia ini!