Hallo Takaiters!

Sudah menjelajah kemana saja setahun ini? Apa Danau Kembar sudah sempat dikunjungi? Danau Kembar adalah sebuah danau yang terletak di Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Danau ini hanya 1,5 jam perjalanan saja jauhnya dari kota Padang. Sumatera Barat memang salah satu provinsi yang dianugerahi begitu banyak destinasi wisata cantik. Danau Kembar tentu termasuk dalam tujuan wisata cantik yang wajib kamu kunjungi.

Danau Kembar sesuai namanya memang terdiri dari dua danau yang terlihat hampir sama. Jarak keduanya pun hanya 300 meter saja. Danau Kembar terdiri dari dua danau yaitu Danau Di Atas dan Danau Di Bawah. Jika kamu mengira yang dimaksud dengan Danau Di Atas adalah danau yang letaknya lebih tinggi, maka jawabanmu salah! Danau yang lebih tinggi dijuluki Danau Di Bawah. Sedangkan danau yang lebih rendah disebut Danau Di Atas.

Nah, kamu tau nggak sih, banyak orang bilang bahwasanya kalo pemandangan di danau ini mengingatkan kalo kita sedang berada di salah satu daerah Eropa loh. Hmmm benar ngak ya? Simak penjelasan di bawah ini ya.


Meski dijuluki kembar, ternyata Danau Kembar tak benar-benar sama persis

wisata danau kembar
Foto : tempatwisataid.com

Danau Di Atas merupakan danau yang dangkal lho Takaiters. Kedalamannya hanya 44 meter saja. Berbeda dengan saudaranya, Danau Di Bawah ternyata dalam sekali! Sekitar 884 meter dalamnya. Air dalam Danau Di Atas mengalir ke Sungai Batanghari yang terbentang di tengah Pulau Sumatera menuju Selat Malaka. Sedangkan Danau Di Bawah bukan merupakan hulu sungai manapun. Jadi belum diketahui air dalam danau ini mengalir kemana, Guys.

Pilihan Editor



Kamu bisa menikmati udara sejuk plus pemandangan yang ciamik ala Eropa

wisata danau kembar
Foto : vebma.com

Gunung Api Talang menjadi latar yang menyegarkan mata ketika bertandang ke danau ini. Dengan suhu udara mencapai 14 sampai 16 derajat celcius, cukup membuat kamu merapatkan jaket nih Takaiters. Pemandangan pegunungan yang asri sungguh sedap dipandang mata layaknya kit sedang berapa di Eropa ya Takaiter.

Dengan letak geografisnya yang khas pegunungan serta adanya perkebunan teh, maka Danau Kembar ini siap mempesona mata. Disni kamu juga bisa menemukan perkebunan markisa, Guys! Dan jangan lewatkan pula hamparan kebun sayur dengan para petaninya.

Bunga Sarai Gunuang, buah tangan khas Danau Kembar

wisata danau kembar
Foto : 2.bp.blogspot.com

Di sekitar lokasi wisata Danau Kembar terdapat warung-warung tempat mengobati rasa lapar. Disini kamu akan menemukan banyak dijual bunga khas oleh-oleh Danau Kembar. Bunga berwarna merah marun ini bernama Bunga Sarai Gunuang.

Bunga ini tumbuh di kawasan gunung sekitar danau. Jangan kuatir layu jika membawa bunga ini sampai di rumah ya Takaiters. Para penduduk setempat mengatakan bunga ini sangat tahan lama bahkan bisa bertahun-tahun.

Legenda dibalik terbentuknya Danau Kembar

wisata danau kembar
Foto : wallpapers-hd.eu

Dari cerita warga sekitar, Danau Kembar ternyata terbentuk dari seekor ular naga yang mati. Adalah seorang pembuat tonggak, Niniak Gadang Bahan, yang telah membunuh ular naga raksasa ini. Ular yang telah mati ini membentuk huruf delapan kemudian air memenuhi kedua lengkungannya sehingga muncullah Danau Kembar.


Wah menarik ya Guys ternyata Danau Kembar ini. Lebih seru lagi kalau kamu langsung menjelajahi destinasi cantik nan sejuk ini. Yuk, siapkan perbekalan dan segera berwisata ke Danau Kembar.