Hallo, Takaiters!

Semua pasti sudah mengenal Bali, ya, kan? Selain karena keindahan alam dan keunikan budayanya, Bali juga memiliki aneka kuliner yang eksotis. Salah satunya, sambal matah. Terbuat dari irisan bawang merah, cabai rawit, batang serai, garam, terasi, dan perasan jeruk limau yang diguyur minyak goreng panas, membuat sambal khas Bali ini begitu menggoyang lidah. Terlebih disajikan dengan lauk pendamping, semacam ayam goreng atau ikan bakar. Hmm, terbayang lezatnya kan, Guys!

Sekarang ini, berkat kreativitas yang luar biasa di dunia kuliner, sambal matah pun disandingkan dengan masakan mancanegara. Tak tanggung-tanggung, kolaborasi ini ternyata menghasilkan sensasi yang dahsyat. Perpaduan unsur tradisional yang eksotis dengan citarasa Internasional, membuat lidah berdecap saat menyantapnya. Tak ayal, varian baru ini memancing keinginan banyak orang untuk mencicipinya.

Inilah 3 kuliner mancanegara yang berkolaborasi dengan sambal matah khas Bali. Yuk, simak!

1. Pizza Sambal Matah

Foto: pergikuliner.com

Kuliner Italia ini sangat terkenal dan Takaiters pasti sudah tak asing lagi. Tak terbayangkan sebelumnya adonan pizza yang gurih, menjadi kian menggoda setelah bagian atasnya diberi tambahan sambal matah. Untuk menambah rasa, isi topping seringkali dicampur dengan ikan tuna. Perpaduan rasa gurih, pedas, dan segarnya rempah bisa membuat lidah ketagihan memakannya.

Pilihan Editor

2. Spaghetti Sambal Matah

Foto: klik-eat.com

Bosan menikmati spagetti dengan saus bolognaise atau saus carbonara? Kini, sambal matah bisa jadi alternatif varian baru sausnya lho, Guys! Spaghetti yang sudah dimasak al dente, lalu diguyur sambal matah di atasnya. Kelezatan toppingnya makin terasa saat ditambah kedalamnya irisan ayam atau ikan tuna. Rasanya pasti tak kalah dahsyat dengan kolaborasi dengan pizza tentunya. Pedas dan segarnya rempah, berpadu meriah dengan kenyalnya spaghetti. Nyam … nyam ….

3. Steak Sambal Matah

Foto: sajiansedap.grid.id

Steak, baik dari daging sapi, ayam, ataupun ikan, biasanya disajikan dengan saus jamur ataupun barbeque. Bayangkan rasa yang timbul, bila sausnya diganti dengan sambal matah khas Bali. Citarasa daging yang dipadu dengan sambal matah, pasti akan menimbulkan sensasi yang beda dari steak pada umumnya. Apalagi disantap dengan kentang goreng dan sayuran rebus, semisal wortel dan buncis. Wuiih, sudah pasti dahsyat, Guys!

Itulah 3 kuliner mancanegara yang berkolaborasi dengan sambal matah khas Bali. Gimana, Guys? Nah, daripada terbayang-bayang kenikmatannya, yuk berburu kuliner ini. Dan rasakan dahsyatnya sensasi yang ditimbulkan!