Hola, Takaiters!

Berbicara tentang Nusa Tenggara Timur, kita akan susah move on dari kecantikan budaya serta kekayaan alamnya. Selain tenun dan lagu daerahnya yang mendunia, kopi khas NTT pun mulai meroket dan diperhitungkan di khalayak internasional. Ternyata, ada satu kekayaan kuliner dari NTT yang sudah mulai mendunia, lho. Kuliner nomor wahid nan lezat tersebut bernama daging se’i.

Kata “Se’i” berasal dari bahasa rote yang artinya daging yang diiris tipis memanjang. Daging se’i adalah makanan khas dari suku Rote. Awalnya daging se’i menggunakan daging rusa. Dalam perkembangannya, rusa menjadi hewan yang dilindungi pemerintah, sehingga masyarakat NTT menggunakan daging babi dan daging sapi.

Tentunya daging Se’i memiliki keistimewaan khusus sehingga laris manis diburu oleh wisatawan domestik dan mancanegara. Takaiters pun boleh mengintip beberapa keunikan daging se’i sebagai berikut:

Proses memasaknya yang begitu unik

daging se'i khas ntt
Foto : squarespace.com

Daging dimasak dengan kayu bakar yang berjarak jauh, sehingga bukan lidah api yang mematangkan daging, melainkan asap panas. Asap terebut memiliki keunggulan karena mengandung beberapa komponen kimia yang mampu membunuh bakteri dan jamur . Komponen kimia tersebut akan membuat daging asap terlihat berkilau.

Pilihan Editor

Apabila baru diasap, daging ini bisa langsung dimakan dengan mengirisnya tipis. Namun apabila daging ini telah disimpan beberapa hari, maka harus digoreng kembali, atau dimasak dalam tumisan bunga pepaya dan sayur-mayur lain.

Diincar oleh investor australia untuk dipasarkan di negara kangguru

daging se'i khas ntt
Foto : squarespace.com

Rupanya daging se’i mulai menjadi primadona di hati para wisatawan asing yang berkunjung ke NTT. Orang Barat sangat menyukai daging, dan rutin mengonsumsi daging setiap hari. Daging se’i mencuri perhatian karena proses pengasapan yang unik membuat rasa dan aromanya begitu berbeda dengan daging asap ala dunia barat. Bahkan beberapa pengusaha Australia mulai melirik daging se’i untuk dipasarkan di negaranya, lho!

Kayu untuk membakar se’i tidak bisa sembarangan

daging se'i khas ntt
Foto : tokopedia.net

Adapun jenis kayu yang menjadi pilihan wajib dalam pengolahan daging se’i adalah kayu kosambi.  Kayu ini memiliki sejuta manfaat, karena juga memiliki sejumlah kegunaan bagi masyarakat NTT. Kayu kosambi bisa dijadikan arang bakar karna memiliki energy tinggi 20.800 kJ/kg. Kosambi juga dimanfaatkan sebagai pewarna batik, campuran lulur, serta menjadi pengobatan penyakit kudis.

Minyak kosambi zaman dahulu digunakan sebagai minyak lampu,minyak makan, dan bahan pembuat sabun. Bahkan bagian daun,pucuk ranting dan limbah biji kosambi dapat digunakan  digunakan sebagai pakan ternak.

Menggunakan tembok sebagai alat pengasapan

daging se'i khas ntt
Foto : tripadvisor.com

Alat untuk membakar daging se’i terbuat dari tembok berbentuk segi empat dengan ukuran 1,5 meter X 1 meter X 1 meter. Dasar pemanggangan daging dibuat dari besi beton . Lama pembakaran daging pun bervariasi, antara 1 – 9 jam.

Nah, jangan lupa mencicipi nikmatnya daging bakar ala NTT yang sudah mulai mendunia ini ya. Selamat memanjakan lidah!