Halo, Takaiters!

Berwisata ke kota Bukittinggi, Sumatra Barat, akan memberimu pengalaman luar biasa yang susah untuk dilupakan. Panorama alam yang sudah pasti membuatmu berdecak kagum hingga mengenal kebudayaan Minangkabau yang sarat makna dengan lebih dekat. Tak ketinggalan juga, ragam kuliner khasnya yang sudah pasti membuatmu susah move on karena saking lezatnya!

Bicara soal kuliner, bahan masakan yang digunakan oleh para pedagang di Bukittinggi memang agak berbeda  dengan yang dijual di rumah makan Padang di luar tanah Minang. Penasaran kan? Simak, deh, ulasannya berikut ini.

1. Nasi Kapau Khas Bukittinggi

kuliner khas bukittinggi
Foto: goodindonesianfood.com

Sekadar informasi saja, nih, untuk kamu yang mungkin kebetulan sedang ada di Bukittingi, banyak sekali warung nasi recommended yang wajib kamu coba. Kebanyakan, penjual nasi kapau berada di lokasi wisata yang sudah pasti ramai pembeli. Jika kebetulan kamu berada di pusat kota Bukittingi, kamu bisa pergi ke Pasar Ateh (atas) di Los Lambuang yang letaknya tak jauh dari Jam Gadang.

Salah satu primadona warung nasi kapau di sana adalah warung Uni Lis. Lezatnya lauk bumbu balado dan sayur khas nasi kapau yang berbeda dari makanan Padang pada umumnya, pasti membuat lidahmu bergoyang.

2. Itiak Lado Mudo

kuliner khas bukittinggi
Foto: kumparan.com

Gulai itiak lado mudo adalah gulai daging bebek muda yang dilumuri cacahan cabai hijau. Rasanya yang gurih membuat kuliner yang satu ini sulit terlupakan dan bikin kamu susah move on!

Warung itiak balado mudo yang paling terkenal di kalangan wisatawan ada di Ngarai Sianok. Potongan daging bebek yang berbalut cabe hijau pedas berpadu dengan sepiring nasi putih hangat, pasti membuatmu kalap!

Pilihan Editor



3. Katupek Pical

kuliner khas bukittinggi
Foto: 2.bp.blogspot.com

Kuliner khas satu ini sering juga disebut dengan pecel khas Minang, karena berupa sayuran yang disiram bumbu kacang. Katupek pical ini berisi jantung pisang, rebung daun pucuk singkong, dan daun lobak Singgalang yang dimakan dengan irisan ketupat dan diberi kerupuk merah khas Padang di atasnya.

Kamu bisa mengunjungi warung Pical Sikai di Jalan Panorama nomor 19C untuk mencicipi sepiring katupek picak yang gurih dan lezat. Konon, warung ini sudah ada sejak zaman Indonesia merdeka, lho. Warung ini juga menyajikan kuliner khas lainnya seperti lamang tapai, sejenis tape ketan hitam yang dimakan dengan ketan bakar. Rasanya yang khas dan gurih, dijamin bikin kamu ketagihan!

4. Ampiang Dadiah

kuliner khas bukittinggi
Foto: 2.bp.blogspot.com

Makanan yang rasanya unik ini terbuat dari campuran ketan putih, ketan merah, karamel gula merah (ampian) dan susu kerbau yang difermentasi hingga memiliki tekstur padat mirip seperti keju. Dijamin, deh, kamu nggak akan menemukan kuliner ini di tempat lain, selain di tanah Minang. Jadi, rugi banget kalau kamu nggak mencobanya! Salah satu penjual ampiang dadiah yang terkenal enak ada di Pasar Lereng.

5. Sate Padang

kuliner khas bukittinggi
Foto: visitpariaman.com

Kebanyakan orang asli Minang pasti mengatakan kalau rasa sate Padang yang dijual di pulau lain, berbeda dengan di tempat asalnya. Salah satu warung sate Padang terkenal di Bukittinggi adalah Sate Padang Daguang-daguang yang berlokasi di depan stasiun kereta api lama Bukittinggi. Kamu bisa merasakan nikmatnya sate Padang dengan segelas teh talua atau teh telur yang hangat di perut, sekaligus lumer di lidah.

6. Karupuk Kuah

kuliner khas bukittinggi
Foto: 1.bp.blogspot.com

Sajian khas berupa kerupuk lebar yang terbuat dari bahan singkong atau beras ini, biasanya dihidangkan dengan kuah sate Padang yang dicampur sambal dan bihun di atasnya. Banyak sekali pedagang karupuk kuah di sekitaran Jam Gadang. Kuliner murah meriah ini sangat lezat dan hanya ada di Minang, lho. Jadi, jangan sampai nggak mencobanya, ya!

7. Gulai Jariang Muda

kuliner khas bukittinggi
Foto: img-global.cpcdn.com

Bagi kamu penggemar jengkol, wajib, nih, cobain gulai jariang muda. Gurihnya jengkol berpadu dengan kuah santan kental ini pasti membuatmu tak ingin berhenti menikmatinya dengan sepiring nasi putih hangat. Kuliner satu ini tersedia hampir di seluruh warung makanan Padang di Bukittinggi.

8. Kopi Kawa Daun

kopi kawan daun
Foto : .bp.blogspot.com

Sensasi yang ditawarkan oleh secangkir kopi kawa daun khas Bukittinggi ini pasti membuatmu ketagihan. Pasalnya, kopi kawa ini tidak menggunakan bubuk kopi untuk diseduh, melainkan daunnya. Penyajiannya pun terbilang unik karena menggunakan batok kelapa.

Tampilannya menyerupai teh hitam pekat, tetapi citarasanya tetap seperti kopi. Biasanya dicampur dengan sedikit susu untuk menambah rasa manis. Minuman ini juga cocok untuk kamu yang kurang suka minum kopi, lho.

Makanan nusantara memang beragam dan tak kalah dengan sajian dari negara lain, seperti 8 kuliner khas Bukittinggi di atas yang pastinya membuatmu ketagihan dan susah move on! Jadi, jangan sampai untuk nggak mencobanya, ya!