fakta unik nasi padang sumatera barat
Artikel

Cerita Dibalik Nasi Padang yang Porsinya Lebih Banyak Ketika Dibungkus

Foto : mikirsimple.wordpress.com

Kelezatan nasi padang sudah tidak perlu diragukan lagi, saking lezatnya nasi padang pernah dinobatkan menjadi salah satu makanan paling populer di dunia. Tentunya bagi kalian yang suka mencicipi kuliner nusantara, pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan khas orang Minang tersebut.

Berbicara tentang Nasi Padang nih guys! Kamu pernah memperhatikan ngak kalo porsi nasi putih yang diberikan rumah makan padang berbeda saat makan di tempat dengan dibungkus lho. Porsi nasi Padang yang dibungkus jauh lebih banyak daripada makan di tempat.

Terkait porsi nasi padang yang lebih banyak jika dibungkus, hal ini berkaitan dengan sejarah pada zaman Belanda dulu. Konon, Dulu, pada zaman Belanda yang dapat menikmati masakan padang di rumah makan padang itu hanya orang-orang elite saja. Seperti Saudagar kaya dan kolonial Belanda. Mereka itu biasanya yang meramaikan rumah makan padang dahulunya.

fakta unik nasi padang sumatera barat

Foto : mikirsimple.wordpress.com

Disisi lain, penjual nasi padang ingin orang-orang pribumi dapat menikmati juga. Maka, diakalilah dengan cara di bungkus. Orang-orang pribumi dapat menikmati masakan daerah sendiri dengan cara tidak makan di tempat. Sehinnga porsi nasinya pun dibanyakin agar orang pribumi bisa berbagi dengan lainnya.

Selain didasari oleh kebiasaan unik orang minang dari zaman dahulu, nasi padang yang dibungkus nampak lebih banyak juga didasari oleh kebijakan dari masing-masing penjual nasi padang yang mengacu pada estetika dan berkaitan dengan keindahan penyajian nasi padang tersebut, walaupun dibungkus.

Pada umumnya para penjual nasi padang sering memberikan bonus lauk seperti kuah kari, sayuran nangka, daun singkong, dan tidak ketinggalan sambal ijo khas masakan padang. Karena itu nasi padang yang dibungkus nampak porsinya lebih banyak dibandingkan makan ditempat.

Sekarang sudah tahukan? Kenapa nasi padang yang dibungkus lebih banyak porsinya dari pada makan di tempat. Sekarang tinggal kalian yang menentukan pilihan kalian sendiri, apakah ingin makan ditempat atau memilih untuk dibungkus? Itu semua tergantung mood kamu semua.

Selamat menikmati ya!

2 Comments

2 Comments

  1. eightsun

    16 Juli 2017 at 4:57 pm

    Terima kasih Takaitu udah menjawab pertanyaan saya. Sukses terus !

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top