Hai, Takaiters!

Pernah berkunjung ke kabupaten Enrekang? Enrekang termasuk kabupaten yang terletak di provinsi Sulawesi Selatan, karena letaknya yang berjauhan dengan kota dan laut maka perekonomian kabupaten Enrekang berkonsentrasi pada pertanian dan peternakan.

Industri peternakan yang terbesar adalah peternakan sapi perah, yang saat ini jumlahnya sudah sekitar 1500 ekor, dilansir dari TribunEnrekang.com. Nah, dari jumlah sapi perah tersebut menghasilan dua juta liter susu segar pertahun. Wow, banyak banget ya, Guys!

Susu sapi segar tersebut ternyata bukan untuk di konsumsi langsung, tetapi diolah secara tradisional oleh warga setempat menjadi keju lokal yang lezat bernama dangke. Dangke adalah susu sapi atau kerbau yang dimasak hingga mencapai suhu 70 derajat celsius dan diberi getah dari buah atau daun pepaya. Kandungan enzim papain pada getah pepaya membuat protein susu dan air terpisah secara alami. Sehingga susu menggumpal dan menjadi padat. Hasil gumpalan tersebut dicetak dalam tempurung kelapa dan didiamkan hingga dingin dan padat, lalu dibungkus dengan daun pisang.

Gambar terkait
Foto: saliha.id

Proses pembuatan dangke tidak menggunakan pengawet, oleh karena itu jika Takaiters ingin membawa sebagai oleh-oleh harus memasukan dangke ke dalam plastik kedap udara dan segera menyimpannya di lemari pendingin agar bisa bertahan lama.

Pilihan Editor



Jika kamu biasanya makan keju sebagai isian roti atau sebagai tambahan topping pada kue, berbeda halnya dengan dangke. Keju lokal lembut khas Enrekang ini di hidangkan dengan cara diiris tipis lalu di goreng atau di panggang. Setelah itu di makan dengan nasi hangat dan cocolan sambal terasi. Hmm, rasanya enak sekali, Guys!

Foto: www.goodnewsfromindonesia.id

Berkunjung ke Enrekang kurang lengkap jika tidak membeli sekaligus menikmati dangke yang di jual di warung-warung pinggir jalan. Selain dengan nasi hangat, dangke ternyata lebih nikmat di makan dengan beras ketan khas Enrekang yaitu pulu mandoti, beras ketan yang memiliki warna putih kemerahan dan beraroma daun pandan.

Ingin merasakan perpaduan dangke dan pulu mandoti, kuliner khas dari Enrekang? Jangan lupa memasukan Enrekang sebagai destinasi liburan dan wisata kuliner kamu selanjutnya. Di jamin rasanya tak terlupakan dan bikin kamu gagal diet, Guys!