Hallo, Takaiters!

Jalanan Surabaya beberapa hari terakhir ini nampak indah dengan mekarnya bunga Tabebuya atau sakura-nya Surabaya. Bunga dengan nama latin Tabebuuachrysotricha sengaja ditanam di sepanjang jalan protokol.

Bunga yang mirip dengan Sakura ini sangat unik, dia hanya mekar di ujung musim kemarau atau permulaan musim hujan. Mekarnya Tabebuya membius mata di tengah teriknya cuaca Surabaya.

Bunga Tabebuya ikut menghiasi jalanan kota Surabaya, hal ini tidak lepas dari ide sang Wali Kota Tri Rismaharini. Pada Jumat, 20 Oktober 2017, ingin tahui keunikan bunga yang menghiasi kota Surabaya? Yuk, Simak yang berikut ini.

1. Niat Awal Membuat Surabaya Lebih Asri

Foto: inews.id

 

Risma awalnya mengaku mencari cara agar Surabaya terlihat asri. Alumni Institut Teknologi Sepuluh November itu mengaku tidak sengaja menemukan keindahan Tabebuya di Surabaya. Setelah menemukan beberapa batang pohon Tabebuya dan pada tahun 2010 ia mulai menanamnya.

2. Butuh Banyak Cahaya Matahari

Foto: merdeka.com

Risma mengatakan, Tabebuya butuh perawatan khusus. Salah satunya adalah tingkat kebutuhan pada matahari sangat tinggi. Jika kurang cahaya, Tabebuya tidak akan mekar sempurna. Sebab itu Risma memilih lokasi yang tidak tertutup gedung.
Risma memilih lokasi antara lain, Bundaran Pelangi, kawasan Tugu Pahlawan, dan masih banyak kawasan terbuka lainnya.

3. Tabebuya  Unik

Foto: travel.tempo.com

Menurut Risma, Tabebuya mempunyai keunggulan yaitu batangnya yang lunak, sehingga mudah dirawat. Risma berniat untuk menanam lebih banyak karena melihat apresiasi masyarakat yang sungguh luar biasa. Rencana akan menambah di titik-titik pelestarian.

4. Surabaya Punya Bunga Cantik Lain Bernama Jakaranda

Foto: tukangtaman.web.id

Risma mengatakan bahwa Surabaya memiliki bunga lain yang tak kalah cantik selain Tabebuya. Bunga yang dimaksud adalah Jakaranda dengan warna ungu mirip dengan Sakura juga. Beda sekali dengan Tabebuya yang barangnya lunak, Jakaranda berbatang keras sehingga memungkinkan untuk tumbuh menjadi pohon rindang. Namun, Jakaranda mengalami proses pembungaan lebih lama dari Tabebuya karena layaknya pohon berbatang keras. Tapi nanti saat mekar tak kalah bagus dengan Tabebuya.

Nah, itulah 4 ide awal sampai bunga Tabebuya menghiasi kota surabay. Wah, kebayangkan, Guys, gimana indahnya kota Surabaya saat bunga bunga tersebut mekar. Semoga Dengan hadirnya bunga bunga indah ini, selain menjadi kota bisnis, Surabaya juga akan menjadi kota wisata.