Hai, Takaiters!

Lebaran Iduladha merupakan puncak ibadah haji. Hari besar umat Islam ini dirayakan dengan salat ied, kemudian menyembeli hewan kurban, dan membagikannya kepada orang yang membutuhkan.

Lebaran Iduladha memang identik sekali dengan ibadah haji dan menyembelih hewan kurban, tetapi, Guys, ternyata bukan hanya itu saja, lho. Menjelang lebaran Iduladha, banyak hal unik yang tiba-tiba saja terjadi dan hanya bisa kamu temukan ketika bulan Zulhijah tiba. Kira-kira apa saja, ya? Simak ulasannya, Guys.

Aroma Kambing yang Begitu Menyengat di Sepanjang Jalan

Foto: jabar.tribunnews.com

Menjelang lebaran Iduadha, para penjual ternak kambing dan sapi mulai membuka lapaknya di sepanjang jalan yang biasa kamu lewati. Yap! Saking banyaknya, bau kambing pun tak terelakkan. Baru lewat beberapa meter, aroma kambing menyentuh cuping hidung. Membuat kamu spontan menutup indra penciumanmu. Tapi itulah hal yang sangat identik dengan lebaran Iduladha. Di hari lain, para pedagang ternak ini tidak akan muncul di jalanan, Guys. So, nikmati saja selagi masih ada, ya?

Penjual Tusuk Sate Dadakan

Foto: pojokbisnis.com

Lebaran Iduladha dan tusuk sate itu memang tak terpisahkan, lho. Setiap ada penyembelihan hewan kurban, orang-orang begitu antusias membakar sate kambing di teras rumah. Karena itulah, tak heran jika momen ini pun dimanfaatkan oleh para pedagang tusuk sate dadakan untuk menggelar dagangannya. Karena hampir semua orang butuh tusuk sate, bisa jadi salah satunya adalah kamu.

Arang Menjadi Benda yang Sangat Dibutuhkan dan Mudah Ditemukan

Foto: arangkayujogja.b;ogspot.com

Guys, apa jadinya membakar sate tanpa arang? Selain butuh tusuk sate, kamu juga butuh arang untuk membakar sate yang telah kamu lumuri dengan bumbu itu. Tak heran jika penjual tusuk sate biasanya juga menjual arang yang telah dibungkus rapi dan siap kamu bawa pulang.

Panggangan Sate Tiba-Tiba Jadi Primadona

Foto: id.foreverbluegear.com

Apa jadinya kalau ada arang tapi tak ada tempat membakarnya? Yap! Karena itulah, para penjual dadakan ini selalu menyediakan tiga benda ini sekaligus. Pertama, tusuk sate. Kedua, arang kayu, dan pastinya yang ketiga adalah panggangan sate.

Paket komplit ini bisa dengan mudah kamu jumpai saat lebaran Iduladha. Di hari lain, mustahil mereka menggelar dagangannya di jalan. Kira-kira kamu sudah punya ketiganya atau belum, nih untuk persiapan membakar sate hari ini?

Asap Mengepul di Mana-Mana

Foto: toekangketik.blogspot.com

Jangan heran, ketika selesai menyembelih hewan kurban, asap-asap dengan aroma khas bakaran sate mengepul di mana-mana. Orang-orang tidak perlu menunggu terlalu lama untuk segera mengolah hewan kurban yang mereka terima. Semuanya sepakat langsung memotongnya, melumurinya dengan bumbu, dan membakarnya dalam waktu yang selalu hampir bersamaan. Karena itu, tak heran jika tepat di hari pertama lebaran Iduladha, asap-asap bakaran sate begitu mudah kamu jumpai.

Penjual Bumbu Giling yang Diserbu Pembeli

Foto: harian.analisadaily.com

Saat lebaran Iduladha, semua orang butuh bumbu, Guys untuk mengolah hewan kurban yang mereka peroleh. Supaya tidak repot, kebanyakan orang akan membeli bumbu giling di pasar. Selain lengkap, kita juga enggak perlu repot menghaluskannya sendiri. Bisa pilih banyak jenis juga, ‘kan? Misalnya saja bumbu rendang, gulai, soto, bahkan rawon. Jadi ngiler nyebut kuliner khas Indonesia ini, Guys.

Hewan Kurban Kabur ke Jalan

Foto: papua.antaranews.com

Meskipun cukup jarang ditemui, tetapi hewan kurban yang lari dan mengamuk di jalan merupakan salah satu hal yang sangat identik dengan lebaran Iduladha. Kamu pasti pernah melihatnya langsung, atau melihat beritanya di televisi. Sapi yang mengamuk dan membuat panik warga menjadi begitu lekat dengan lebaran Iduladha. Merepotkan, tetapi kadang kamu juga menertawakannya, ‘kan?

Itulah beberapa hal yang amat identik dengan lebaran Iduladha selain menyembeli hewan kurban dan ibadah haji. Kamu pasti pernah menjumpai ketujuhnya. Kira-kira mana yang paling kamu ingat dan bikin kangen suasana lebaran Iduladha?