Halo, Takaiters!

Beberapa hari belakangan ini, nama Lalu Muhammad Zohri atau yang lebih dikenal dengan Lalu Zohri menjadi perbincangan hangat di berbagai media Tanah Air. Pasalnya, Zohri berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan meraih medali emas di nomor lari cepat 100 meter putra pada Kejuaraan Atletik Dunia U-22 yang digelar di Tampere, Finlandia, pada Rabu (11/07/2018) lalu.

Foto: CNN Indonesia

Kisah kemenangan Zohri mendadak viral karena tak ada satu pun pendukung bahkan media dari Indonesia yang meliput ajang internasional tersebut. Bukan hanya itu saja, kondisi rumah dan kisah keluarga sederhana Zohri yang berdomisili di Lombok, Nusa Tenggara Barat itu pun akhirnya tersorot media di balik pemberitaan kesuksesannya.

Namun ternyata, Indonesia tak hanya memiliki Zohri sebagai atlet berprestasi yang membanggakan di kancah internasional, lho! Ada banyak atlet berprestasi lainnya yang juga tak pernah tersorot kamera, padahal segudang prestasi telah mereka dapatkan dan berhasil meraih peringkat tertinggi di berbagai pertandingan.

Siapa saja deretan atlet berprestasi yang jarang tersorot media ini? Simak ulasannya, ya!

1. Samantha Edithso, juara dunia FIDE World Championship 2018 U-10

Foto: static.com

Gadis cilik yang baru berusia 10 tahun bernama Samantha Edithso ini berhasil menyabet juara catur dunia FIDE World Championshiop 2018 U-10 di Minsk, Belarusia akhir Juni lalu. Samantha yang tertarik pada catur sejak kelas 1 Sekolah Dasar ini memenangkan pertandingan setelah berhasil mengalahkan pecatur asal Rusia, Yana Zhapova.

Pilihan Editor


2. Tim Junior Wushu, peraih medali emas Kejuaraan Dunia Atletik 2018 U-20

Foto: detik.net

Berlaga di kejuaraan yang sama dengan Lalu Zohri di Finlandia pekan lalu, tim junior wushu Indonesia yang terdiri dari enam orang ini juga berhasil menyumbangkan emas dan perunggu bagi Indonesia tercinta. Medali emas berhasil didapatkan oleh Nadya Permata dan Joyceline dari kategori Taiji Pedang, sedangkan medali perunggu diraih oleh Thalia Marvelina, Patricia Geraldine, Joyceline, Nelson Luis, dan Ahmad Gifari.

3. Desi Aristia, juara Women 9 Ball Open Turnamen 2018

Foto: tribunnews

Desi Aristia merupakan salah satu atlet Indonesia yang jarang terekspos kamera di negeri sendiri jauh sebelum Zohri memenangkan pertandingannya. Desi tercatat berhasil memenangkan kejuaraan biliar Women 9 Ball Open Turnamen 2018 yang diselenggarakan di Yogyakarta, pada Februari 2018 lalu.

4. Ganda campuran Indonesia, peraih medali emas Thailand Open 2018

Foto: tribbunnews

Hafiz Faizal dan Gloria Emanuelle kembali merebut gelar juara di ajang kejuaraan bulu tangkis kategori ganda campuran di Thailand Open 2018 lalu. Berkat prestasinya ini, Hafiz dan Gloria yang memenangkan pertandingan setelah mengalahkan pasangan suami istri asal Inggris, Chris dan Gabrielle Adcock ini diperkirakan akan melejit menempati posisi tujuh dunia.

5. Aries Susanti Rahayu, peraih medali emas IFSC World Cup Climbing 2018

https://statik.tempo.co/data/2018/05/23/id_707547/707547_720.jpg
Foto: tempo.co

Satu lagi atlet Indonesia yang tak kalah membanggakan, ialah Aries Susanti Rahayu, perempuan asli Jawa Timur ini berhasil mengukuhkan predikat sebagai peraih medali emas dalam ajang kejuaraan panjat tebing IFSC World Cup Climbing 2018 yang diselenggarakan di Cina, pada April 2018 lalu. Aries berhasil mengalahkan pemanjat tebing asal Rusia, Elena Timofeeva, setelah mencatatkan waktu panjat tercepat 7,51 detik.

Nah, itu tadi deretan atlet Indonesia yang berhasil mengharumkan nama negeri ini setelah mengukir prestasi di ajang tingkat dunia. Semoga bermanfaat, ya!