Siapa bilang jika ingin berkarya, maka dibutuhkan modal yang besar untuk melengkapi semua alat perangnya? Adalah Wahyu Ichwandardi, seorang ilustrator dan animator Indonesia, membuktikan jika tidak selalu sebuah kesuksesan harus didahului dengan investasi besar-besaran.

Saat ini Wahyu sedang jadi perbincangan dunia akan karyanya, yaitu membuat ulang trailer film “Star Wars: The Last Jedi”. Namun yang menghebohkan dunia adalah penggunaan komputer Apple IIc super jadul keluaran tahun 1984 dalam pembuatannya. Walhasil jadilah sebuah trailer film modern namun memiliki rasa retro!

Pemuda yang bertempat tinggal di New York, Amerika Serikat ini, ‘menggambar’ trailer tersebut dengan tangan, menggunakan bantuan sebuah KoalaPad keluaran tahun 80an, dan bitmap paint program, Dazzle Draw dari tahun yang sama.

PILIHAN EDITOR

Meski perlengkapan yang dimiliki oleh Wahyu ini terbilang sebagai sebuah “sistem grafis komputer paling lengkap” pada masanya, namun jiika dibandingkan dengan kemajuan tekhnologi komputer yang ada hingga saat ini, jelas tergambar sebuah proses berat yang harus dilalui untuk membuat trailer ini.

Selama proses pembuatan, Wahyu harus rela untuk memegang lembaran plastik di atas layar komputer dan menelusuri setiap frame dengan hati-hati. Waktu pembuatan yang diperlukan adalah sekitar 3 minggu untuk trailer yang hanya berdurasi waktu kurang dari dua menit. Gambar yang dihasilkan sebanyak 288 buah, dengan total memori 6MB, yang disimpan ke dalam 48 buah floppy disk.

Karya milik Wahyu Ichwandardi ini sangat menarik perhatian dunia, sehingga diliput oleh berbagai media internasional, termasuk Tech Cruch, CNET, Mashable, sampai Business Insider. Bahkan saat Wahyu membagikan trailer ciptaannya tersebut di twitter miliknya, telah diretweet sebanyak 1.299 kali, dan disukai sebanyak 1.064 orang, bahkan Mark Hamill, actor yang memerankan Luke Skywalker, juga memberi apresiasi!

Nah guys, ini adalah salah satu bukti nyata jika prestasi tidak harus selalu dengan melalui barang-barang canggih kekinian. Kerja keras dan inovatif, juga akan membantumu meraih impian. Teruslah bermimpi dan berusaha mewujudkannya!