Hallo, Takaiters!

Pernah jalan-jalan ke Kalimantan Timur? Provinsi dengan ibu kota Samarinda ini, mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, selain keindahan alamnya yang memukau dan suguhan atraksi budaya suku Dayak yang kian mendunia, Kalimatan Timur juga memiliki segudang kuliner enak dan siap memanjakan lidahmu.

Meskipun memiliki nama yang unik dan asing ditelinga, nyatanya kuliner khas Kalimantan Timur yang bikin penasaran ini mampu membuat siapapun ketagihan. Yuk, simak terus penjelasan berikut ini, biar kamu nggak penasaran lagi!

Berikut 5 jenis kuliner khas Kalimatan Timur yang wajib kamu coba, supaya nggak menyesal nantinya:

Nasi Bekepor

kuliner khas kalimantan timur
Foto: belanga.id

Nasi bekerpor merupakan sajian kuliner yang terdiri dari nasi putih yang dimasak dengan rempah-rempah dan dicampur dengan ikan asin serta minyak sayur. Rasanya? Jangan ditanya lagi, Guys! Pasti nendang di lidah.

Gangan Asam

kuliner khas kalimantan timur
Foto: 2.bp.blogspot.com

Sayur asam khas Kutai ini seperti sayur asam pada umumnya, namun penggunaan kepala ikan menjadikan sayur asam khas Kutai menjadi istimewa. Untuk sayurannya, selain kangkung, gangan asam khas Kutai juga menggunakan ubi ataupun talas.

Gangan asam cocok dihidangkan dengan nasi bekepor, lho, Guys! Rasanya yang enak dan segar menjadikan menu satu ini tak boleh kamu lewatkan begitu saja.

Gami udang

kuliner khas kalimantan timur
Foto: cookpad.com

Gami udang merupakan kuliner khas kota Bontang, gami atau sambal udang ini memiliki keunikan tersendiri. Gami disajikan dan dimasak menggunakan cobek tanah liat langsung di atas kompor. Perpaduan sambal dengan bumbu khusus dan udang segar sangatlah menggugah selera.

Gami udang biasanya disajikan dengan nasi hangat dan lalapan. Karena kenikmatannya, pastikan perutmu kosong sebelum mencoba kuliner satu ini, ya, Guys, agar kamu bisa nambah porsi lagi!

Pilihan Editor



Gence Ruan

kuliner khas kalimantan timur
Foto: wacana.co

Terbuat dari ikan haruan atau ikan gabus yang telah dibakar di atas arang, kemudian disiram dengan tumisan bumbu khusus, yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai, dan rempah lainnya, membuat siapapun yang mecicipi tak mudah melupakan rasanya!

Ancur paddas

kuliner khas kalimantan timur
Foto: pustaka-bpnbkalbar.org

Ancur paddas merupakan bubur yang diolah dengan racikan rempah, santan, daun labu muda, daun kacang, jagung, dan serundeng. Rasanya yang gurih dan sedikit pedas membuat ancur paddas jadi favorit masyarakat.

Ancur paddas sendiri merupakan kuliner yang berasal dari kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Jika dahulu makanan ini disajikan saat menyambut tahun baru Islam saja, kini ancur paddas mulai dikenal dan dicari para pecinta kuliner.

Demikianlah kuliner khas Kalimantan Timur yang dari namanya saja sudah membuat orang penasaran ingin segera mencobanya. Jangan ragu untuk mencoba kuliner di atas ketika bertandang ke Kalimantan Timur! Enggak di tanggung, ya, jika kamu ketagihan!