Halo, Takaiters!

Soto adalah kuliner yang banyak digemari oleh orang Indonesia. Rasanya yang gurih dan kuahnya yang segar selalu mampu memuaskan lidah penikmatnya. Uniknya, makanan ini memiliki variasi bahan, bumbu, dan cara mengolah yang berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya.

Kalau kamu sedang berkunjung ke kota Purwokerto di Jawa Tengah, wajib banget untuk mencoba kuliner soto yang rasanya nggak ada duanya. Penasaran, apa yang membuat soto ini beda dengan yang lainnya? Check this out!

Ayam Kampung Jadi Andalan

Soto Purwokerto
Foto: inibaru.com

Hampir semua jenis soto selalu menyertakan daging sebagai bahan utamanya. Nah, soto khas Purwokerto selalu juara karena biasanya menggunakan daging ayam kampung, yang terkenal lebih nikmat dibanding daging ayam negeri. Meski saat ini, ada juga kedai yang memberikan pilihan pada pelanggannya, ingin menggunakan daging ayam kampung, ataupun daging sapi.

Sensasi Pedas Gurih dari Sambal Kacang

Soto Purwokerto
Foto: kuliner-purwokerto.tk

Menikmati semangkuk soto, belum lengkap rasanya jika belum ditambahkan sambal ke dalamnya. Pada umumnya, sambal untuk soto adalah sambal cabai biasa. Tapi, soto khas wong ngapak ini beda, guys. Sambal yang digunakan adalah sambal kacang. Gurih dan segar langsung terasa begitu sambal ini dicampurkan ke dalam kuah sotonya yang bening. Berbeda dengan sambal kacang untuk pecel, bumbu kacang pada soto tidak menggunakan kencur. Kacang hanya ditumbuk bersama cabe, bawang merah, bawang putih, dan bumbu lainnya.

Pilihan Editor


Paket Komplit dengan Ketupat

Soto Purwokerto
Foto: cookpad.com

Khawatir cuma makan soto nggak bisa bikin kenyang? Tenang, kamu pun akan disuguhkan seporsi ketupat, yang sungguh nikmat saat disandingkan dengan soto ini. Menikmati soto dengan nasi sudah biasa. Kamu harus coba hal berbeda untuk kuliner yang satu ini.

Gurihnya Krupuk Mie yang Kriuk-Kriuk

Soto Purwokerto
Foto: yantibudiyanti.blogspot.com

Nah, toping satu ini pasti masuk dalam daftar favorit kamu. Apalagi kalau bukan kerupuk. Yang membuat beda, yang dijadikan taburan di atas soto bukan hanya kerupuk warna-warni saja, tapi ada juga kerupuk mie yang sangat renyah.

Gimana, guys? Rasanya nggak cukup kalau cuma diceritakan, kamu wajib coba kalau sedang berada di kota satria. Kamu bisa singgah di Jalan RA Wiratwadja atau yang lebih dikenal dengan sebutan Jalan Bank. Ada begitu banyak rumah makan yang menyediakan kuliner lezat ini di sepanjang jalan. Selamat mencoba!