Hai Guys!

Jepang merupakan destinasi favorit bagi banyak orang untuk liburan. Indahnya bunga sakura tatkala mekar, kuil-kuil yang unik dan tak lekang oleh zaman, dan juga gunung Fuji yang terkenal. Banyak alasan untuk mengunjungi Jepang.

Terletak di wilayah Asia Timur, Jepang memiliki keunikan tersendiri dari segi budaya. Beberapa  budaya sangat berbeda,  yang membuat pelancong dari Indonesia terkaget-kaget. Berikut ini hal-hal yang perlu kamu tahu sebelum kamu pergi ke Jepang.

Ketika di Jepang, kamu bakalan melihat orang-orang disana berjalan dengan cepat

hal-hal yang harus diketahui sebelum ke jepang
Foto : pexels.com

Orang Jepang cenderung berjalan lebih cepat dari kita, terutama di wilayah stasiun subway. Mereka terkesan terburu-buru. Jadi, usahakan untuk tidak asyik jalan di tengah sambil mengobrol dengan teman ya.

Dibeberapa wilayah Jepang, ada eskalator khusus bagi mereka yang terburu-buru

hal-hal yang harus diketahui sebelum ke jepang
Foto : pexels.com

Satu sisi di setiap eskalator diperuntukkan untuk mereka yang terburu-buru, sedangkan sisi lainnya kita diperbolehkan diam selama eskalator bergerak. Namun, yang perlu diperhatikan adalah pemberlakuan sisi kanan atau kiri tergantung pada wilayah. Misalnya, di Tokyo kita boleh berdiri di sisi kiri, sedangkan kanan untuk mereka yang ingin mendahului. Sebaliknya, aturan berlaku berbeda untuk area Osaka.

Di Jepang, tisu toilet dibuat dari bahan yang mudah hancur di air, sehingga diwajibkan untuk membuang tisu toilet di kloset

hal-hal yang harus diketahui sebelum ke jepang
Foto : pexels.com

Di Indonesia, tisu toilet tidak disarankan dibuang di kloset, melainkan harus dibuang di tong sampah. Lain halnya dengan Jepang, semua tisu toilet diwajibkan untuk dibuang di kloset. Jangan takut jikalau kloset tersumbat, karena tisu toilet terbuat dari bahan yang mudah hancur di air.

Untuk kamu ketahui juga, untuk penegasan para pengguna toilet maka di setiap bilik toilet umum sudah dipajang pemberitahuan untuk pembuangan tisu toilet di kloset. Hmmmm…

Aturan antrian masuk kereta di Jepang, mendahulukan penumpang yang mau keluar duluan

hal-hal yang harus diketahui sebelum ke jepang
Foto : pexels.com

Di setiap peron kereta akan ada garis penanda tempat menunggu bagi orang yang ingin naik kereta. Penumpang keluar didahulukan dan penumpang yang akan naik pun tidak perlu berebut masuk kereta, tidak peduli sepenuh apapun kereta.

Walapun menjadi destinasi internasional, orang Jepang dominan tidak lancar berbahasa Inggris loh…

hal-hal yang harus diketahui sebelum ke jepang
Foto : pexels.com

Meskipun sudah menjadi tujuan wisata global, kita masih saja sulit menemukan orang Jepang yang lancar berbahasa Inggris. Sebaiknya, kita bisa menyiapkan diri mempelajari beberapa kosakata umum untuk bertanya dalam Bahasa Jepang.

Nah, guys, jangan heran kalau banyak hal yang cenderung sangat berbeda dengan kita di Indonesia. Akan tetapi, jangan juga takut ya untuk jalan-jalan ke Jepang.