Halo, Takaiters!

Berlin, Frankfurt dan München adalah kota-kota yang akan disebutkan banyak orang jika ditanya soal kota-kota di negara yang dulu pernah luluh lantak akibat Perang Dunia II, Jerman. Berlin yang terkenal dengan Tembok Berlin nya, Frankfurt dengan lambang mata uang Euro yang menjadi ikon kotanya, dan München dengan stadion Allianz untuk para pecinta sepakbolanya.

Lalu, apakah negerinya Angela Merkel ini hanya sebatas kota-kota terkenal tersebut? Tentu saja tidak. Adalah Bad Cannstatt, sebuah kecamatan yang terletak di kota terbesar keenam dan terasri di Jerman, Stuttgart. Mungkin Takaiters belum pernah mendengar nama daerah ini. Tapi, apa yang diciptakan di kota ini tentunya sudah kamu nikmati dan banyak membantu aktivitasmu sehari-hari.

Bad Cannstatt, disinilah Gottlieb Daimler pertama kalinya menciptakan kendaraan bermotor yang memudahkan perjalanan kita semua yaitu sepeda motor dan mobil yang saat ini hasil ciptaannya tersebut kita kenal dengan merk Mercedez Benz.

Foto: Anna Yee/Takaitu

Gottlieb Daimler dimakamkan di Bad Cannstatt saat wafat pada 6 Maret 1900. Karena jasa besar Gottlieb Daimler, namanya kini diabadikan menjadi nama salah satu jalan di Bad-Cannstatt.

Selain daripada itu, kamu juga bisa melihat perjalanan hidup Daimler dengan karya-karyanya di Museum Mercedez Benz yang juga berlokasi di Bad Cannstatt. Di museum ini kamu bisa melihat kendaraan yang pertama kali diciptakan oleh Daimler, mulai dari kendaraan tempo dulu sampai yang kekinian, kendaraan anak cupu sampai ke kendaraannya anak jalanan.

Foto: Anna Yee/Takaitu

Tidak jauh dari Museum Mercedez Benz dan masih dalam rangka mengenang Daimler, ada stadion sepakbola yang dikenal dengan Mercedez Benz Arena. Dulunya stadion yang mulai beroperasi pada tahun 1993 ini dinamakan sesuai dengan nama si penemu mobil tersebut, namun pada tahun 2008 namanya diganti menjadi Mercedez Benz Arena.

Stadion ini juga pernah digunakan untuk pertandingan sepakbola Piala Dunia saat Jerman menjadi tuan rumah pada tahun 2006. Jadi wajar saja jika dibagian depan stadion ini ada nama-nama tim sepakbola dunia beserta nama kapten dan tanda tangannya.

Berkenalan Dengan Bad Cannstatt
Foto: structurae.info

Selain mobil level Mercedez Benz, kota ini juga melahirkan pabrik mobil ternama lainnya yaitu Porsche. Dialah Ferdinand Alexander Porsche si pemilik perusahaan sekaligus pencipta mobil yang tergolong mewah ini.

Porsche yang lahir pada 3 September 1875 dan tentu saja jauh lebih muda dari Daimler ini juga pernah belajar dari Daimler. Dengan bakat dan kemampuan yang dimilikinya Porsche mampu menciptakan mobil dengan variasi yang berbeda dari ciptaan Daimler. Porsche juga memiliki museum mobil miliknya. Museum ini tidak terletak di Bad Cannstatt.

Berkenalan Dengan Bad Cannstatt
Foto: panoramio.com

Namun demikian, Porsche tetap meninggalkan kenangannya di Bad Cannstatt dengan dibangunnya Porsche Arena yang proses pembangunannya memakan waktu selama 14 bulan dan mulai dibuka pada 27 Mei 2006. Stadion ini bertetangga dengan stadion Mercedez Benz. Jadi bisa kamu bayangkan bagaimana meriahnya Bad Cannstatt jika kedua Stadion besar ini sama-sama mengadakan pertandingan bola ataupun event-event lainnya.

So, Bad Cannstatt tidak kalah dengan kota-kota besar lainnya di Jerman dan tidak ada salahnya kamu menjadikan Stuttgart-Bad Cannstatt sebagai tujuan wisatamu di Jerman. Apalagi jika kamu adalah penggila otomotif akut.