Halo, Takaiters!

Italia merupakan negara yang mempunyai segudang makanan lezat nan mendunia seperti Pizza, Pasta, Risotto, Tiramisu, Fettucini, Lasagna, Ravioli, Cannoli dan lain sebagainya. Pizza, makanan berbasar dasar tepung, keju dan berbagai macam daging serta sayuran ini menjadi makanan yang mempunyai fans fanatiknya sendiri.

Namun tahukah kalian para pizza lovers, jika ditanya apa saja sih pizza autentik Italia itu dan bagaimana macamnya? Jika belum tahu, yuk simak daftar pizza autentik Italia yang terjamin kelezatannya berikut ini:

Pizza Neapolitan

Foto: wikipedia.org

Pizza yang konon merupakan pizza paling klasik ini dibuat pada abad ke 16 di kota Napoli, Italia Selatan.  Kala itu pizza adalah makanan penduduk miskin. Neapolitan terbuat dari adonan tepung yang dipipihkan dan hanya diolesi saus berwarna putih saja lalu dipanggang dalam tungku sampai mengembang. Saking istimewanya pizza Neapolitan, pada tahun 1984, asosiasi yang bernama VPN (Verace Pizza Napoletana) sampai mengklaim sebagai pemilik sah tradisi neapolitan yang khas ini.

Pizza Margherita

Foto: wikipedia.org

Pizza yang dibuat oleh Chef Italia bernama Raffaele Esposito pada tahun 1899 ini merupakan bentuk persembahan bagi Ratu Margherita (Ratu Italia) kala itu. Komposisi pizza ini cukup sederhana yaitu hanya terdiri dari dough (adonan tepung), saus tomat, keju mozarella dan daun basil.

Jika kita perhatikan baik-baik, warna dasar pada pizza ini menggambarkan sesuatu bukan? Yup, ketiga warna pada pizza ini yaitu hijau, putih dan merah yang melambangkan bendera Italia. Hmm…cukup menarik bukan?

Pizza Marinara

Foto: wikipedia.org

Seperti halnya Neapolitan dan Margherita, pizza ini pun sangat sederhana karena hanya terdiri dari adonan tepung yang dipanggang garing bersama irisan bawang putih, oregano segar, minyak zaitun atau olive oil, serta saus tomat namun tanpa keju mozarella. Dikatakan bahwa citarasa Pizza Marinara sangat merepresentasikan kota Napoli.

Pizza Quattro Formagi

Foto: wikipedia.org

Ada empat jenis keju yang dipakai untuk pizza ini, bisanya merupakan gabungan dari mozarella dan tiga jenis keju lokal khas Italia, biasanya ketiga itu adalah parmesan, ricotta dan gorgonzola, namun jenis keju tersebut bisa disesuaikan dengan selera masing-masing orang.

Pizza Di Prosciutto

Foto: wikipedia.org

Setelah beberapa lama sejak pizza berkembang, muncullah pizza Prosciutto ini. Yang menjadi ciri khas dari Prosciutto adalah karena memakai  irisan bawang merah yang dikaramelisasi plus irisan tipis ham yang berpadu dengan keju Gorgonzola.

Pizza Quattro Stagioni

Foto: wikipedia.org

Keistimewaan pizza satu ini adalah terletak pada bahan dasarnya yang mewakili empat musim yaitu; artichoke yang melambangkan musim semi, basil yang melambangkan musim panas, jamur yang mewakili musim gugur dan olive oil yang melambangkan musim dingin.

Pizza Bosco

Foto: wikipedia.org

Pizza ini mengambil nama dari sebuah hutan bernama sama di wilayah Italia karena komposisinya yang bercitarasa pegunungan atau dataran, Pizza khas ini berbahan dasar bayam, jamur dan juga bawang merah. Bagi kamu penyuka sayuran, pizza ini bisa menjadi pilihan.

Pizza Siciliana

Foto: wikipedia.org

Adalah pizza yang bercitarasa mediteranian karena memakai bahan dasar yang khas mediterania yaitu berupa capers (bakal bunga dari tumbuhan Capparis spinosa), black olive, dan teri.

Bagaimana Takaiters sekalian? Yang mana saja pizza autentik Italia yang jadi favoritmu?