Hai, Takaiters!

yang terlintas di pikiran kamu jika mendengar kata hiu? Hewan menakutkan yang menjadi predator bagi manusia? Jangankan untuk berenang bersama, membayangkannya saja sudah bikin bulu kuduk merinding.

Persepsimu tentang hiu yang menyeramkan itu akan sirna jika kamu berkunjung ke pulau Tinabo. Bahkan, boleh jadi kamu akan bersahabat dengan mereka.

Pulau Tinabo ini merupakan salah satu dari 21 gugusan pulau yang ada di kepulauan Takabonerate. Terletak di kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Takabonerate yang diresmikan sebagai taman nasional sejak 2001 lalu, merupakan kawasan atol (terumbu karang yang berbentuk melingkar) terbesar ketiga di dunia loh! Wah, keren, ya? Setelah Kwajifein di kepulauan Marshall dan Suvadiva di Maladewa, Takabonerate inilah yang menjadi juara ketiganya.

Pulau Tinabo Merupakan Pulau yang Terbilang Kecil

Foto: youtube.com

Pulau Tinabo sendiri merupakan pulau yang terbilang kecil. Panjang pulau ini hanya sekitar 1,5 kilometer dengan lebar 500 meter. Meski demikian, pengalaman destinasi yang menakjubkan tidak akan membuatmu rugi jika berkunjung ke sana.

Pulau yang menjadi salah satu ikon wisata bahari kebanggaan Sulawesi Selatan ini, menawarkan sebuah destinasi wisata yang cukup menantang. Yup, kamu harus mengalahkan rasa takutmu untuk bisa berenang bersama bayi hiu atau baby shark. Hayo, siapa yang berani?

Pilihan Editor


Baby shark yang Menghuni Pulau Tinabo Merupakan Jenis Sirip Hitam

Foto: jadiberita.com

Baby shark yang menghuni pulau Tinabo ini merupakan jenis sirip hitam. Ukuran tubuhnya sekitar sehasta orang dewasa. Meskipun hiu terkenal sebagai hewan karnivora, namun kamu tidak perlu takut. Soalnya, mereka tergolong jinak. Jika kamu berdiam diri di sekitar mereka, maka mereka akan berenang mengelilingimu. Tapi jika kamu bergerak, mereka akan lebih memilih untuk menghindar.

Nah, Takaiters! Kamu bisa memancing kedatangan mereka dengan menggunakan daging atau ikan-ikan kecil. Tapi kamu harus ingat bahwa meskipun mereka jinak, jangan coba-coba berenang jika punya luka yang terbuka. Soalnya mereka termasuk hewan yang memiliki indera penciuman yang tajam.

Di Pulau Tinabo, Kamu Juga Bisa Menyewa Tempat Penginapan, lho

Foto: blog.reservasi.com

Di pulau ini, kamu bisa menyewa tempat penginapan. Namun jika ingin lebih hemat, kamu bisa mendirikan kemah di atas hamparan pasir putih yang indah. Selain itu, jangan lupa membawa persiapan untuk kampung tengah yang cukup, karena untuk menikmati beragam destinasi menarik di pulau ini perlu banyak tenaga.

Selain berenang ditemani baby shark, kamu juga bisa melakukan snorkeling atau diving untuk menikmati terumbu karang dan biota laut lainnya. Airnya yang jernih berwarna biru kehijauan akan semakin memudahkan kamu untuk menikmati pemandangan indah bawah laut.

Gimana? Sudah membayangkan bagaimana mendendebarkannya berenang ditemani baby shark? Atau lagi membayangkan berenang di air jernih tanpa polusi sambil memandangi terumbu karang yang cantik? Yuk, segera berwisata ke pulau Tinabo! Eits, jangan lupa ajak kerabat ya. Sayang kalau momen indah disaksikan sendiri.