Hai, Takaiters!

Masakan khas Minang terkenal dengan kelezatannya, hal ini tidak dimungkiri dengan banyaknya peminat masakan khas minang yang tidak hanya di dalam negeri namun juga di luar negeri. Ada beberapa ciri khas yang menjadikan masakan Minang begitu populer, yaitu bersantan dan cenderung pedas.

Bagi kalian para Perantau Minang yang berada di Jakarta dan rindu dengan masakan maupun jajanan khas kampung halaman, tak perlu khawatir lagi, karena sudah ada beberapa tempat yang menyediakan masakan dan jajanan khas Minang di sekitar kota Jakarta. Mereka tak hanya menyediakan masakan dan jajanan khas minang saja, namun hingga suasananya pun didekorasi seolah kita sedang di negeri Minang.

Yuk, kita telusuri tempat-tempat masakan dan jajanan khas Minang yang ada di Ibukota Jakarta ini, Guys!

Lapau Bukittinggi

Foto: scontent-sea1-1.cdninstagram.com

Kenapa Lapau Bukittinggi namanya, Guys? Oke, jadi di sini kalian harus tahu, Takaiters! Lapau dalam bahasa Indonesia berarti warung atau kedai, dan Bukittinggi adalah salah satu kota wisata yang ada di Sumatera Barat yang terkenal dengan ikon Jam Gadang-nya.

Di Lapau Bukittinggi, kalian akan menemukan masakan dan camilan khas Minang. Menu andalan di lapau ini adalah Nasi goreng khas Minangkabau dan kopi panggang khas Bukik Apik. Selain menu di atas, kamu juga bisa menikmati sajian khas lainnya, seperti MieNas, soto, mi tahu,  pisang panggang kuah santan, katupek pical, sala lauak dan karupuak kuah mi. Selain itu,  di sini kalian juga bisa menikmati minuman khas Minang seperti kopi kawa daun, teh talua,  kopi panggang, kawa talua, dan tomat top yang tak kalah enaknya. Jadi, kuliner khas Minangkabau bukan hanya nasi Padang aja, ya, Guys!

Tahu engga, Guys? Lapau Bukittinggi pun juga pernah di tayangkan dan diliput oleh beberapa Acara TV Lokal serta berita Koran lokal. Penasaran engga, sih, Guys? Yuk, datangi saja lokasinya di Jl. Isa No.18 Rawa Belong, Jakarta Barat. Buka di hari selasa-minggu dari pukul 6 sore hingga pukul 1 malam.

Lapau Baselo Lubuak Batuang Matraman

Foto: instagram.com/ovaa_forlendy

Nah, beda lagi dengan Lapau Baselo Lubuak Batuang Matraman ini, Guys! Sedikit penjelasan nama tempatnya, Lapau Baselo artinya warung lesehan, Lubuak Batuang artinya pondok bambu, sedangkan Matraman itu sendiri nama wilayah lokasinya sendiri. Lapau Baselo Lubuak Batuang Matraman ini berlokasi di Jl. Matraman Raya No.43, RT.3/RW.3, Palmeriam, Matraman, Kota Jakarta Timur. Di sini lebih spesifik masakan khas Pariaman. Menu andalannya adalah ikan bakar. Namun, selain itu terdapat juga ayam bakar, udang bakar, cumi bakar, rendang, cincang, gulai jengol, kepala kakap, tunjang, dan lainnya. Serta camilan khas Minang sala lauak ada juga, loh, Guys!

Suasana tempatnya dibuat seperti pondok bambu dan tempat duduk lesehan sehingga memberikan suasana seperti di perdesaan. Di sini kalian juga disuguhi musik lagu Minang, dan lebih menariknya kalian dihibur langsung oleh penyanyi Minang, loh, Takaiters! Acara musik ini biasanya diadakan di malam hari.

Palanta Baselo Rantau Batuah

Foto: lh3.googleusercontent.com

Palanta Baselo memiliki makna yang hampir sama dengan pondok baselo yaitu warung lesehan, dan Rantau Batuah itu hampir mirip pengertiannya bahwa rantau atau negeri orang itu selalu mempunyai keistimewaan buat daerahnya. Palanta Baselo Rantau Batuah berlokasi di Jl. Pramuka No.64, RT.6/RW.5, Utan Kayu Utara, Matraman, Kota Jakarta Timur. Palanta Baselo Rantau Batuah pun menyajikan menu makanan dan minuman masakan khas padang. Hampir sama dengan Baselo Lubuak Batuang Matraman. Suasana yang yang diberikan pun berupa pondok bambu. Di sini kalian juga bisa menikmati live music yang dinyanyikan oleh para pengunjung maupun penyanyi minang langsung. Tapi, beda tempat beda tentunya akan beda juga, loh, sensasinya.

Pondok Baselo Lubuak Nyarai

Foto: b.zmtcdn.com

Berlokasi di Jl. Raya Kebayoran Lama, Grogol Utara, Kebayoran Lama, RT.1/RW.13, Grogol Utara, Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan. Pondok Baselo Lubuak Nyarai menyajikan menu andalannya adalah ikan bakar khas Pariaman. Tapi, Takaiters tak perlu khawatir karena di sini juga menyajikan menu khas Minang lainnya. Buka setiap hari dari jam 11 siang hingga jam 11 malam. Di sini juga cocok untuk sebagai tempat tongkrongan dan nyantai.

Lapau Rang Minang

Foto: instagram.com/lapaurangminang

Lapau Rang Minang lebih menyuguhkan camilan khas Minang, mirip dengan Lapau Bukittinggi. Di sini kalian bisa mencicipi camilan khas Minang seperti kacimuih, pisang kapik, pangek pisang, katupek pical, pensi, karupuak kuah, sate, nasi goring, sala lauak, dan bubur kacang ijo. Serta minumannya pun seperti teh talua, kopi talua juga ada di sini, Guys!

Penasaran engga, Takaiters? Menu apa saja dan bagaimana rasanya berbagai camilan khas Minang yang ada Lapau Rang Minang ini, yuks langsung saja ke lokasinya di Jalan Tenggiri No, RT.9/RW.6, Rawamangun, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur.

Nah, itulah beberapa tempat yang bisa kalian kunjungi untuk mencicipi masakan dan camilan khas Minangkabau, Takaiters. Kamu sudah pernah mengunjungi tempat yang mana?