Hai, Takaiters!

Bukit Selong merupakan salah satu destinasi apik yang bisa kamu temukan di desa Sembalun, Lombok Timur. Daripada harus capek-capek mendaki gunung hanya demi mencari spot foto yang kece, mending kamu samperin aja bukit Selong ini, Guys. Untuk menuju lokasi, kamu hanya butuh naik tangga dalam waktu cukup singkat, yakni sekitar satu sampai dua menit aja. Tapi jangan salah, pemandangan alam yang luar biasa indah akan kamu dapatkan di sini, lho.

Hmm, kira-kira apa aja, nih yang bisa kamu temukan ketika berkunjung ke bukit Selong?

Lanskap Gunung Rinjani ditambah petak sawah dengan warna berbeda menawarkan keindahan tiada tara

bukit selong rinjani
Foto: journeyera.com

Wisata alam bukit Selong ini terletak di kaki Gunung Rinjani, Guys. Ketika kamu sampai ke lokasi, keindahan lukisan alamnya tak terbantahkan lagi. Udara sejuk yang menyelimuti lokasi bisa jadi sesuatu yang sangat istimewa dan sulit kamu dapatkan ketika berada di kota.

Aktivitas fotografi atau sekadar selfie sendiri menjadi cara asyik yang sering dilakukan oleh para traveler ketika mengunjungi lokasi ini. Latar berupa Gunung Rinjani serta petak sawahnya ini, lho yang jadi sangat spesial dan sulit kamu dapatkan ketika berkunjung ke lokasi lainnya.

Lebih menariknya lagi, bukit Selong juga kerap dijadikan lokasi camping bagi sebagian traveler. Gimana, masih berani nolak, Guys?

Di sebelah bukit Selong, kamu bisa menemukan rumah adat Desa Beleq yang katanya telah dijadikan situs sejarah dan bisa jadi wisata budaya bagi kamu yang mengunjunginya

bukit selong rinjani
Foto: Deskgram

Ketika kamu berkunjung ke bukit Selong, kamu akan memasuki area hutan bambu dan menemukan sebuah desa dengan 7 bangunan di sana. Komplek desa adat itu bernama desa adat Beleq.

Beleq merupakan bahasa sasak yang artinya besar. Bangunan yang kamu lihat di sini terbuat dari bambu dan berlantai tanah liat campur kotoran sapi. Komplek rumah adat ini dilindungi pagar dan disebut tidak lagi ditinggali, Guys. Rumah adat yang kamu temukan di desa Beleq ini sudah dijadikan situs peninggalan sejarah. Wah, wisata yang sangat menarik, ya. Selain bisa mengintip keindahan bukit Selong, kamu juga bisa sekaligus melakukan wisata budaya juga di sini.

Pilihan Editor



Cara menuju bukit Selong yang bisa kamu tempuh begini, Guys

bukit selong rinjani
Foto: lepassuntuk.com

Untuk menuju lokasi bukit Selong, kamu bisa berkendara dari Mataram dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam. Dari Mataram, kamu bisa memilih rute Mataram-Senggigi-Tanjung-Bayan-Sembalun. Kamu juga bisa ambil alternatif lain dari Jl. Raya Mataram- Sikur, Jl. Segara Anakan, Jl. Wisata Gunung Rinjani hingga sampai di Sembalun Lawang.

Gimana, Guys, tertarik untuk mencoba mengabadikan foto di salah satu lokasi menarik dari bukit Selong ini? Dijamin, pengalaman traveling kamu nggak cuma asyik untuk ber-selfie aja, kok. Wisata lainnya juga bisa menyempurkan traveling kamu ke tempat ini. Cobain, yuk!