Bila kamu berlibur ke Kota Pariaman, kamu tak hanya dapat menikmati keindahan wisata baharinya, akan tetapi kamu juga bisa mencicipi kuliner khas daerahnya. Salah satu kuliner yang terkenal itu adalah sala lauak. Dengan mengelilingi Pantai Gondaria, alangkah baiknya kamu mencicipi panganan tradisional Minangkabau ini.

Oh iya…sala lauak itu sebenarnya adalah bahasa minang loh. Sala dapat diartikan sebagai goreng. Istilah Minangkabau ini biasanya di gunakan untuk berbagai jenis bahan makanan yang diolah dengan cara digoreng. Nah, sedangkan lauak berarti ikan.

Sala lauak pariaman (Foto : postimg.org)

PILIHAN EDITOR

Sala lauak berbentuk bulat dengan memiliki ukuran sebesar bola pingpong. Untuk komposisi sala lauak ini, terdiri dari ikan asin yang dihaluskan dan dicampur bersama adonan tepung beras yang dibumbui bawang putih. Teksturnya nan renyah di bagian luarnya, dan lebih lembut dibagian dalam membuat sala lauak memiliki citarasa yang gurih. Yakinlah! komposisi ikan asinnya akan menyeruak dalam mulut kamu.

penjual sala lauak
Salah satu penjual sala lauak di Pantai Gondaria (Foto : Kidalnarsis)

Untuk menemukan sala lauak di Pariaman sangat mudah lo, pergi aja ke pantai Gandoria Pariaman dan disana kamu bakalan menemukan jejeran pedagang sala lauak. Kamu tinggal memilih dan membeli berapapun yang kamu kamu. Dan untuk biasanya sala lauak dijual dalam keadaan panas oleh pedagangnya seperti layaknya penganan gorengan biasa.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba? #AyoKepariaman