Hola, Takaiters!

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami. Jerawat itu sendiri biasanya berbentuk seperti bintik-bintik dan bisa muncul di beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada. Bintik-bintik tersebut bisa dari yang ringan, seperti komedo hitam dan komedo putih, sampai bintik-bintik parah yang berisi nanah dan kista. Nah, biasanya bintik-bintik yang parah akan meninggalkan bekas luka, lho. Bekas luka itulah yang dinamakan bekas jerawat.

Bintik-bintik bekas luka tersebut tentu bisa mengurangi kepercayaan diri seseorang. Apalagi untuk wanita, tak sedikit yang mencoba untuk menutupinya dengan memakai make-up. Namun, menutupi menggunakan make-up tentu hanya sementara. Akan lebih baik lagi jika menghilangkannya secara permanen.

Berikut adalah cara kupas tuntas bekas jerawat:

1. Menggunakan Baking Soda

Foto: bukalapak.com

Baking soda yang telah ada bisa dibuat masker dengan menambahkan madu dan jeruk nipis. Cara membuat maskernya pun tergolong mudah, yaitu campurkan serbuk baking soda, madu, dengan jeruk nipis, lalu aduk dan oleskan pada permukaan wajah. Kemudian diamkan selama 15-20 menit, setelah itu bilas menggunakan air hangat.

Menghilangkan bekas jerawat menggunaan baking soda bisa dilakukan sebanyak 3 kali dalam satu minggu. Selain itu, jenis baking soda yang digunakan bukanlah jenis yang biasa dijual di pasar, namun jenis yang food grade. Jenis tersebut biasanya dijual terpisah dan dalam bentuk kiloan, kemasan karung, dan masih alami.

2. Perasan Lemon

Foto: beauty.popbela.com

Lemon mengandung banyak vitamin C dan asam sitrat yang bisa membersihkan bekas, bercak, dan noda yang ada pada kulit. Tidak heran jika banyak orang yang menggunakan metode ini.

Bahkan, banyak orang yang mengaku berhasil menghilangkan bekas jerawat menggunakan lemon. Jika kulit kamu tergolong kulit yang sensitif, maka kamu bisa memadukan lemon dengan madu hitam.

Kamu bisa mengoleskan perasan lemon atau lemon yang dicampur dengan madu sebanyak dua kali sehari, dan bilas menggunakan air dingin.Perasan lemon akan sangat efektif menghilangkan bekas jerawat jika digunakan setiap hari.

Pilihan Editor


3. Dengan Sari Cuka Apel

Foto: bukumedis.com

Cuka apel memiliki kandungan asam hidroksi yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, menggunakan sari cuka apel juga bisa menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. Sari cuka apel itu sendiri bisa didapatkan dengan mudah di supermarket.

Sebelum mengoleskan sari cuka apel ke kulit, bersihkan dahulu nuka dengan menggunakan sabun cuci muka. Lalu, oleskan sedikit demi sedikit cuka apel menggunakan kapas atau cotton bath. Tunggu beberapa menit lalu bilas menggunakan air dingin.

 4. Menggunakan Minyak Ikan

Foto: khasiat.co.id

Minyak ikan selain berfungsi untuk menurunkan kolesterol dan mencerdaskan otak anak, ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat.

Minyak ikan tersebut mengandung banyak vitamin E dan omega-3 yang bisa ampuh untuk mengatasi berbagai macam gangguan pada kulit wajah, termasuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel.

Cara menggunakan minyak ikan tersebut yaitu oleskan minyak ikan pada kulit sebelum tidur atau mengkonsumsinya secara langsung sebelum menyantap makanan berat.

5. Dengan Bawang Bombay

Foto: alodokter.com

Bawang bombay ternyata memiliki kandungan vitamin yang lengkap, mulai dari A hingga E.  Maka dari itu, bawang bombay bisa digunakan untuk mengatasi segala macam masalah kulit seperti penuaan dini, dan bekas jerawat.

Cara menggunakan bawang bombay untuk menghilangkan bekas jerawat yaitu, haluskan terlebih dahulu bawang bombay dan oleskan pada kulit yang bermasalah saja, jangan semua bagian wajah. Karena bawang bombay pedas dan bisa saja membahayakan mata.

Nah, itulah beberapa cara mudah menghilangkan bekas jerawat. Saat proses menghilangkan bekas jerawat, sebaiknya jangan terlalu sering terkena sinar matahari.