Setelah lulus kuliah mau kerja di mana? kalimat yang biasanya selalu ditanyakan oleh teman-teman, tetangga, keluarga maupun orang tua ya. Pasti kebanyakan dari kita juga bingung tu jika di tanya pertanyaan seperti itu karena belum tahu juga harus ke mana kan, sebab cari kerja tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Tapi sebelum kalian mencoba untuk mencari pekerjaan, ternyata ada hal-hal yang seharusnya kita persiapkan terlebih dahulu, karena setiap perusahaan tidak mungkin menerima kita tanpa ada persyaratannya bukan? Lalu apa sih yang harus di persiapkan? Yuk di simak

Curriculum Vitae

Curriculum vitae atau yang biasa di singkat dengan CV merupakan salah satu hal wajib yang harus disiapkan loh untuk melamar kerja. Kenapa? karena dari CV inilah perusahaan bisa melihat profil pencari kerja tersebut secara umum. So jangan lupa untuk membuat CV yang menarik ya agar perusahaan terpikat profil yang kamu buat.

Ijazah,Transkip Nilai & Legalisirnya

Sebagian besar perusahaan juga akan melihat ijazah dan transkip nilai yang kamu punya, karena dari situ perusahaan bisa melihat kompetensi kamu, seperti IPK yang tinggi yang terkadang jadi patokannya. Tapi selain itu kamu juga harus persiapkan legalisirnya, karena banyak juga dalam proses rekrutment kerja hal tersebut akan menjadi syarat-syarat berkas yang harus di penuhi. Kalau bisa di legalisir yang banyak ya agar nanti kamu juga bisa melamar ke banyak perusahaan.

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Untuk yang satu ini biasanya perusahaan sengaja meminta untuk melihat apakah kamu pernah bermasalah atau berurusan dengan kepolisian, karena perusahaan yang baik tentu tidak mau menerima pekerja yang punya masalah apalagi menyangkut dengan kepolisian. Untuk bisa mendapatkan ini ya kamu tinggal mengurusnya di Polres atau kantor polisi terdekat.

Surat Keterangan Sehat & Bebas Narkoba

Badan yang sehat dan terbebas dari narkoba tentu menjadi hal yang positif saat melamar kerja, karena dengan kualifikasi tersebut secara tidak langsung perusahaan akan dengan senang hati menerima kita, karena tidak akan menjadi masalah saat bekerja nanti. Untuk mengurusnya kamu bisa datang ke Rumah Sakit terdekat.

TOEFL

Toefl sendiri biasanya di pakai oleh perusahaan sebagai syarat rekrutment untuk melihat kemampuan pelamar kerja dalam berbahasa asing terutama bahasa inggris, Kenapa? karena di zaman modern seperti saat ini perusahaan besar terutama perusahaan BUMN yang sifatnya sudah skala international tentu juga bakal berhubungan dengan pihak luar yang pasti nya komunikasinya menggunakan bahasa inggris. Oleh karena itu hal ini diperlukan, lalu di mana bisa mendapatkan toefl ini? gampang kok kalian bisa kursus-kursus bahasa inggris yang sudah banyak menyebar di setiap daerah.

Sertifikat-Sertifikat 

Untuk kamu yang sering menjuarai berbagai macam perlombaan atau pun sering mengikuti seminar-seminar tentu mendapatkan sertifikat-sertifkat dong ya. Ini juga perlu lo kamu siapkan, karena ini juga bisa jadi nilai tambah buat kamu saat melamar pekerjaan. Artinya kamu punya potensi yang bagus selain saat kuliah.