Apa kabar hari ini, Takaiters?

Menyaksikan Indonesia saat ini yang sedang dilanda bencana secara beruntun, terutama bencana gempa dan tsunami yang terjadi di wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Palu Sulawesi Selatan, membuat kita sebagai saudara sebangsa cukup bersedih dengan apa yang menimpa para korban, jangankan untuk menyelamatkan barang dan harta mereka masing-masing, menyelamatkan nyawa saja mereka sudah berpasrah kepada takdir yang berkehendak.

Di antara beberapa korban yang selamat dan sudah berada di daerah evakuasi bencana, sebagian mereka sudah melanjutkan rutinitas harian seperti biasanya yang merupakan kebutuhan biologis seperti makan, mandi dan tidur di tengah kondisi yang serba kekurangan tersebut, tentunya kondisi itu membuat mereka sangat berharap akan datangnya uluran bantuan dari saudara dari provinsi seberang yang tidak dilanda bencana untuk meringankan kesempitan hidup mereka sementara ini.

Namun, agar lebih efisien dan terasa bermanfaat setiap apa yang akan kita sumbangkan, ada baiknya kita mempertimbangkan beberapa barang berikut yang sangat urgen dibutuhkan korban bencana di posko penampungan. Apa saja barang-barangnya? Cek yuk!

1. Beras dan Bahan Logistik

Ini merupakan kebutuhan primer umat manusia yang tak dapat ditunda dan diabaikan, apalagi barang sehari pun, karena setiap harinya tubuh kita butuh makan apalagi para korban bencana yang sudah melewati hari buruk dalam hidupnya dengan pikiran dan fisik yang hampir semua kondisinya memburuk.

2. Pakaian dan Sandal

Berikutnya barang yang masih terbilang penting bagi setiap orang adalah pakaian, karena para korban tentunya saat ini hampir semuanya hanya memiliki satu helai pakaian yang tersisa membalut tubuh, berhari-hari tak mandi apalagi tak berganti pakaian bisa menimbulkan penyakit lainnya.

Pilihan Editor


3. Pembalut Wanita dan Popok Untuk Bayi Juga Balita

Berikutnya, hal urgen bagi kaum wanita dan bayi ini juga tak kalah penting dan termasuk kebutuhan pokok. Bayangkan jika dalam kondisi normal saja kebutuhan pada barang ini sangat penting apalagi dalam kondisi serba kekurangan kain tersebut. Tentu menyediakan barang-barang ini bersifat wajib bagi mereka.

4. Jilbab dan Perlengkapan Shalat

Meski tak semua korban beragama islam, namun adanya perlengkapan yang satu ini termasuk kebutuhan yang utama bagi pemeluk agama islam. Walau bagaimanapun ibadah shalat dan berhijab bagi muslimah dalam islam tidak bisa mengalah pada kondisi, tetap wajib dilakukan.

5. Obat-Obatan dan Perlengkapan Mandi

Terakhir, kebutuhan pada barang-barang ini bisa saja mendesak atau hanya sangat dibutuhkan, mengingat langkanya obat-obatan, sabun cuci, sabun mandi dan lain-lain apabila diperlukan.

Nah, semoga tulisan di atas bisa membantu, ya, Takaiters! Semoga apapun yang kita sumbangkan untuk saudara sebangsa yang sedang berduka bisa bermanfaat bagi mereka dan diberikan balasan kebaikan oleh Allah SWT.