Kabar baik menyelimuti salah satu kementerian kabinet Pak Jokowi yakni kementerian kelautan dan perikanan Republik Indonesia. Susi Pudjiastuti selaku Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia baru saja meraih penghargaan tertinggi di dunia kemaritiman. Bertempat di Washington DC pada tanggal 11 Mei 2017. Menteri Susi meraih penghargaan Peter Benchley Ocean Awards dalam kategori kepemimpinan berkat visi dan kebijakannya untuk membangun ekonomi dan konversi laut di Indonesia.

Menteri Susi Raih Penghargaan Tertinggi Maritim Dunia
Foto : antara

Tentu saja bangsa dan rakyat Indonesia turut berbangga atas pencapaian Menteri Susi Pudjiastuti yang mampu meraih penghargaan Peter Benchley Ocean Award ini. Penghargaan ini menjadi sebuah jawaban atas kinerjanya yang dinilai sangat baik dalam menyelamatkan laut Indonesia. Apalagi penghargaan ini merupakan penghargaan tertinggi maritim dunia. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada para tokoh-tokoh yang dianggap memiliki peran dan pengaruh besar terhadap penyelamatan laut dunia.

PILIHAN EDITOR

Kebijakan-kebijakan yang diambil oleh Menteri Susi dalam menyelamatkan laut Indonesia sering kali menjadi perbincangan hangat oleh sebagian kalangan seperti menenggelamkan kapal asing,  larangan untuk menangkap rajungan dan kepiting, larangan menggunakan alat tangkap ikan pukat hela dan pukat tarik. Itu semua adalah kebijakan Menteri Susi yang kerap menjadi buah bibir di Indonesia hingga ke kancah dunia.

Menteri Susi Raih Penghargaan Tertinggi Maritim Dunia
Foto : kabaroke.com

Tetapi semua kebijakan-kebijakan tersebut berbanding lurus hasilnya dengan semakin sejahteranya para nelayan-nelayan lokal. Tercatat tangkapan ikan meningkat pesat 6,5 ton pada tahun 2014 menjadi 9,9 ton saat ini. Belum lagi ditambah dengan beberapa jenis ikan yang menghilang sekitar 10-15 tahun terakhir yang sekarang sudah mulai muncul kembali.  Jadi sangat pantas, jika Menteri Susi mendapat penghargaan yang sangat bergengsi ini dan didapuk sebagai salah satu orang yang berperan besar dalam penyelamatan laut Indonesia dan juga dunia.

Menteri Susi pun juga turut berterima kasih kepada Presiden Jokowi. Berkat dukungan Presiden kebijakan-kebijakannya mampu membuahkan hasil yang memuaskan dan langsung bisa dirasakan oleh para nelayan-nelayan lokal. Dengan penghargaan ini, tentu saja menjadi sebuah cambukan bagi para Menteri Republik Indonesia lainnya saat ini untuk lebih memperbaiki kinerjanya dalam membangun Indonesia yang lebih baik lagi.