Siapa yang tak setuju? Minum es teh manis sehabis menyantap sepiring nasi padang tentu nikmat sekali. Rasanya yang menyegarkan melengkapi nikmatnya bersantap siang. Meneguk teh setelah makan sudah menjadi budaya sejak lama di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, ada baiknya kamu ubah kebiasaan ini dari sekarang, karena minum teh tepat setelah makan dapat membawa efek buruk bagi kesehatanmu.

Ternyata mengonsumsi teh setelah makan dapat menghambat penyerapan mineral yang terkandung di dalam makanan yang kita makan

bahaya minum teh saat makan
Bahaya minum teh saat makan (Foto : freepik.com)

Mengonsumsi teh setelah makan dapat menghambat penyerapan mineral yang terkandung di dalam makanan, ke dalam tubuh. Di satu sisi, teh mengandung senyawa polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan, yaitu zat pencegah kanker. Tetapi di sisi lain, polifenol juga dapat mengganggu penyerapan nutrisi seperti zat besi dan protein ke dalam pencernaan.

PILIHAN EDITOR

Minum teh saat makan merupakan salah satu faktor pemicu penyakit Anemia

bahaya minum teh saat makan
Minum teh saat makan dapat menyebabkan Anemia (Foto : pexels.com)

Sudah sangat jelas bahwa teh dapat menghambat penyerapan mineral dan zat besi yang bisa memicu terjadinya penyakit anemia. Anemia merupakan penyakit kekurangan sel darah merah di dalam darah. Efek dari penyakit ini akan membuat kita mudah lelah dan kemungkinan sering sakit kepala.

Penyakit ini sangat berbahaya apabila dialami oleh  ibu hamil yang sangat berpengaruh pada perkembangan bayinya. Kesehatan si calon bayi di dalam kandungan pun akan ikut terganggu.

Minum teh yang sehat itu dianjurkan dua jam sebelum dan sesudah makan, bukan saat makan

bahaya minum teh saat makan
Minum teh yang baik dianjurkan 2 jam sebelum atau sesudah makan (Foto : pexels.com)

Di dalam teh juga terkandung zat non-gizi bernama asam fitat, yang dapat mengikat zat besi, kalsium, seng dan magnesium. Apabila zat-zat tersebut diikat oleh asam fitat, ketersediaan mineral dalam tubuh akan berkurang, dan hal ini dapat menyebabkan anemia atau kekurangan zat besi. Penyakit ini sangat berbahaya terutama bagi wanita hamil dan anak-anak. Oleh karena itu, dianjurkan untuk minum teh minimal dua jam sebelum atau sesudah makan, bukan saat makan.

Dibalik rasa manisnya, ternyata kamu akan lebih haus atau dehidrasi setelah mengkonsumsi teh saat makan

bahaya minum teh saat makan
Minum teh dapat membuat lebih haus ketika dikonsumsi saat makan (Foto : blogekstra.com)

Es teh manis memang sangat ampuh untuk menghilangkan dahaga, mencuci mulut, dan menetralisir rasa gurih dalam mulut setelah bersantap. Kamu akan merasa segar sesaat setelah minum teh. Namun disadari atau tidak, kamu akan merasa lebih haus atau dehidrasi setelahnya. Hal ini disebabkan oleh sifat diuretik yang terdapat dalam daun teh kering.

Nah, setelah santap siang, lebih baik kamu minum es jeruk dari pada es teh manis. Jika tidak ada es jeruk, pilihlah air putih yang sudah pasti aman dan sehat.