Hai, Takaiters!

Dalam beberapa hari ke depan insya Allah kita akan memasuki bulan suci Ramadan. Untuk kamu yang muslim,  tentunya memiliki kewajiban berpuasa selama kurang lebih 14 jam jika tinggal di Indonesia.

Tahukah kamu, bahwa sebenarnya banyak kesalahan yang kita lakukan saat memulai rutinitas berbuka puasa? Contohnya, kebiasaan berbuka dengan langsung minum sesuatu yang dingin semacam es campur, atau minuman dingin bersantan lainnya. Ada pula yang langsung makan besar saat berbuka, dengan alasan berburu waktu sebelum tarawih tiba.

Dilansir dari laman Dokter Sehat, pakar kesehatan sepakat, bahwa makanan yang sangat baik disantap saat perut dalam keadaan kosong adalah buah. Yup, jika dahulu banyak yang berpendapat buah sebaiknya disantap setelah makan besar, faktanya justru tidak demikian.

Buah yang disantap setelah makan besar akan mengakibatkan proses cerna di dalam usus menjadi lebih lama, karena bercampur dengan makanan berat yang telah kita santap sebelum buah. Akibatnya, penyerapan manfaat buah dan proses pembusukan menjadi tidak maksimal. Kebayang kan, Guys, gimana jadinya? Perut bisa saja menjadi kembung, karena gas di dalam tubuh tidak bisa terbuang secara sempurna.

Sebaliknya, jika menyantap buah dilakukan 20 atau 30 menit sebelum makan, buah memiliki cukup waktu untuk terserap secara sempurna di dalam tubuh. Dan biasanya beberapa menit setelahnya kamu akan mulai merasa lapar. Dalam kondisi inilah sebaiknya makan besar mulai dilakukan.

Tetapi asal kamu tahu, tidak semua buah baik disantap sebelum makan, lho! Bahkan ada beberapa di antaranya yang justru mengakibatkan munculnya penyakit lain yang tidak kamu harapkan. Kepoin yuk, 5 buah dibawah ini!

1. Tomat

Foto: pexels.com

Buah tomat sangat kaya antioksidan dan bermanfaat bagi tubuh serta untuk kehalusan kulit. Tapi jangan lupa bahwa tomat mengandung kadar asam tannic tinggi yang beresiko menaikkan kadar asam lambung pada perut. Kamu pun berpotensi terkena penyakit mag.

Pilihan Editor

2. Pisang

Foto: pexels.com
Tak banyak orang yang tahu bahwa mengkonsumsi buah pisang saat perut dalam keadaan kosong sebenarnya tidak dianjurkan. Kadar magnesium dalam darah dikhawatirkan akan meningkat pesat. Dan ini sungguh berbahaya bagi jantung kita.

3. Pir

Foto: pexels.com
Bisa bayangin nggak, seharian berpuasa, pastinya berbuka puasa dengan buah pir akan menimbulkan sensasi segarrrr karena kadar air yang tinggi pada buah ini. Tapi kamu harus sadar bahwa buah pir mengandung butiran-butiran serat kasar yang beresiko melukai selaput lendir halus saat perut dalam keadaan kosong. Wah, ngeri juga, ya? 🙁

4. Mentimun

Foto: care2.com
Sebagian orang memasukkan mentimun dalam kategori sayuran, bukan buah. Namun tetap saja, mengkonsumsi mentimun atau sayuran hijau lainnya dalam keadaan perut kosong dapat mengakibatkan perut mulas karena tingginya kadar asam amino dalam sayuran mentah.

5. Jeruk

Foto: pexels.com

Untuk kamu yang tidak bermasalah dengan lambung, boleh-boleh saja mengonsumsi jeruk atau buah-buahan asam lainnya dalam keadaan perut kosong. Tetapi untuk kamu yang punya riwayat penyakit mag, sebaiknya lebih berhati-hati, karena kadar asam yang tinggi dalam buah jeruk atau lemon bisa menyebabkan resiko tukak lambung atau radang perut.

Nah, itu dia, Guys, daftar buah-buahan yang sebaiknya kamu hindari menyantapnya saat berbuka puasa. Alih-alih ingin dapat manfaat, kesalahan saat mengkonsumsi justru dapat menimbulkan keluhan atau resiko penyakit lainnya. So, lebih hati-hati lagi, ya, Guys! Selalu jaga kesehatan dan banyak membaca agar kita tak salah persepsi saat mendapatkan informasi.

Selamat menyambut Ramadan 😊