Sekarang kita hidup di zaman yang semua aktivitas dilakukan serba instan, termasuk diet pun ikut-ikutan instan, karena di klaim bisa mendapatkan hasil tercepat. Namun, tidak selamanya yang instan dan cepat itu berdampak positif terhadap kesehatan, tapi juga ada dampak negatifnya loh. Nah, berikut 6 resiko yang akan kamu hadapi kalau kamu milih diet instan agar berat badan turun lebih cepat.

Hilangnya nafsu makan

resiko dan bahaya diet instan
Hilangnya nafsu makan (Foto : pexels.com)

Kamu pasti pernah dengar bulimia atau anoreksia kan? Dua penyakit ini digolongkan sebagai weight phobia alias penderita yang takut berat badannya bertambah atau bahasa gampangnya “takut gemuk”.

Anoreksia secara umum dapat diartikan sebagai kehilangan selera makan. Perasaan takut gemuk penyebabnya adalah si penderita anoreksia menahan nafsu makannya secara berlebihan, Alhasil jadi nya hilang selera makannya dan mereka ga sadar kalau tubuh mereka sangat kurus.

Kalau bulimia, penyakit yang ditandai dengan makan berlebihan tapi setelah itu dimuntahkan kembali untuk menjaga berat badannya tidak naik, tapi dibanding anoreksia, penderita bulimia cenderung memiliki tubuh yang ideal dan berat badan yang stabil.

Berisika terkena Anemia

Bahaya Diet Secara Instan Bagi Kesehatan Kamu
Anemia (Foto : vebma.com)

Khususnya bagi wanita yang mengalami siklus menstruasi, kaum hawa membutuhkan zat besi dua kali lebih banyak ketimbang pria, program diet instan dapat mengakibatkan asupan gizi dan nutrisi berkurang akibatnya tubuh kekurangan zat penting yang diperlukan untuk kinerja tubuh sehari-hari. Orang yang kekurangan zat besi biasanya mudah lelah, sesak napas, sering pusing dan mudah tersinggung.

PILIHAN EDITOR

Massa otot berkurang

resiko dan bahaya diet instan
Massa otot berkurang (Foto : 4.bp.blogspot.com)

Diet yang tidak dilengkapi dengan asupan protein yang cukup juga dapat mengakibatkan massa otot berkurang, karena tubuh membutuhkan asupan protein yang cukup setiap hari agar dapat menjalankan fungsinya dengan benar. Protein berguna untuk pembentukan otot, dan juga berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Kalau kamu tidak mengkonsumsi protein dalam jumlah cukup maka tubuh kamu akan “memakan” jaringan ototnya sendiri.

Ternyata dengan diet instan, itu bakalan membuat mudah lelah

resiko dan bahaya diet instan
Tubuh mudah lelah )Foto : theinertia.com)

Orang yang sedang program penurunan berat badan biasanya mereka hanya makan dalam jumlah sedikit atau bahkan tidak makan sama sekali. Akibatnya tubuh kekurangan kalori sebagai sumber energi untuk beraktivitas, tubuh jadi mudah lelah, hilang konsentrasi, pusing hingga jatuh pingsan.

Terkadang dengan diet instan akan membuat daya tahan tubuhmu menurun

resiko dan bahaya diet instan
Daya tahan tubuh akan menurun (Foto : 1.bp.blogspot.com)

Saat tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, maka sel-sel dalam tubuh juga ikut “kelaparan” akibatnya daya tahan tubuh menurun dan gampang terserang penyakit.

Diet Instan, berisiko terkena penyakit hati

resiko dan bahaya diet instan
Sakit hati (Foto : spesialisobatherbal.com)

Berdasarkan Journal Physiology of Gastrointestinal and Liver Physiology, jika berat badan seseorang mengalami penurunan drastis, ternyata itu juga berpengaruh negatif pada organ hati. Berat badan yang tidak stabil dapat meningkatkan kadar lemak pada hati. Hal tersebut dapat membawa seseorang pada risiko yang lebih tinggi terhadap penyakit-penyakit degeneratif yang berhubungan dengan organ hati.

So, kamu mesti pikirin lagi saat dapat tawaran paket diet instan dan sebelum jalani diet instan, tak selamanya yang instan itu baik untuk kesehatan kamu, lebih baik berniat puasa sekalian, selain lebih sehat juga bernilai ibadah. Kurus ataupun gemuk selama itu sehat, kalian tetap terlihat fresh dan menawan.