Nelongso, merupakan sebuah kata berbahasa jawa yang artinya susah/ sengsara. Cukup aneh ya ketika sebuah tempat makan atau kuliner diberi nama seperti itu. Tapi jangan salah, Ayam Nelongso sudah begitu sangat terkenal apalagi di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya. Bagaimana tidak hampir setiap hari tempat ini ramai di kunjungi orang-orang yang ingin makan. Lalu apa istimewanya Ayam Nelongso ini. Di sini akan saya ceritakan detailnya.

Jadi dari tanggal 20-22 Januari saya berkunjung ke kota Surabaya, tempat teman saya melanjutkan kuliahnya di salah satu kampus terkemuka di Surabaya. Pertama kali sampai di sana saya diajak makan ke Ayam Nelongso ini. Sekilas tampak biasa saja dan sama dengan rumah makan biasanya. Namun dari depan akan terpampang semacam poster bertuliskan Ayam Goreng Nelongso + Nasi = 5000. Yang benar saja makan nasi + ayam cuma bayar 5 ribu saja.

ayam goreng nelongso
Foto : googleusercontent.com

Apakah benar cuma bayar 5000 saja? Jawabannya sudah pasti benar sekali. Yang pasti kita hanya dapat Nasi + Ayam saja tanpa ada dapat sayur tahu tempe dan lain-lainnya. Waw sungguh dompet mahasiswa sekali bukan. Selain itu di sini kita bisa mengambil sambel sepuasnya. Karena letak sambal terpisah. Di sana sudah disediakan tempatnya kita tinggal ambil saja. Ada bermacam jenis sambal dari sambel teri dll, tapi saya lupa apa saja namanya.

Selain itu banyak menu lain yang bisa kita pesan dan harganya pun tak kurang di bawah 20.000. Tapi ada juga menurut saya salah satu menu favorit yaitu ikan kerapuh dan ayam crispy. Sungguh menggugah selera sekali, selain itu Teh Es saja cuma Rp 3.000. Waduh gila ya bisa murah sekali. Dan ini salah satu juga keunggulannya. Ayam Nelongso ini buka 24 jam jadi tak perlu takut kelaparan pada jam berapapun.

nelongso.com

Menurut saya tempat ini sangat recommended sekali, apalagi bagi kalian para mahasiswa ataupun para backpacker yang cuma uang ga banyak tapi pengen makan enak. Jadi tunggu apalagi kalau ke Surabaya jangan lupa mampir ke Ayam Nelongso. Di jamin ga bakalan nyesal.