Heiyo, Takaiters!

Tepat di hari Minggu (2/9/2018) kemarin, Asian Games 2018 resmi ditutup. Banyak kesan manis yang diukir Indonesia. Selain sukses menjadi tuan rumah perhelatan pesta olahraga terbesar se-Asia itu, kontingen kita juga berhasil meraih beberapa prestasi dan menyumbangkan andil buat Indonesia bertengger di posisi 4 klasemen akhir–di bawah tiga raksasa asia, China, Jepang, dan Korea. Dan, tentu Takaiters juga belum lupa sama kemeriahan acara opening dan closing ceremony dari Asian Games ke-18 yang dihelat di Jakarta-Palembang tersebut, bukan?

Tapi nih, buat yang belum bisa move on dari Asian Games kemarin, sepertinya bakal dimanjain lagi sama perhelatan pesta olahraga seantero Asia yang juga nggak kalah seru! Ya, sebentar lagi, Asian Para Games 2018 akan kembali diselenggarakan. Sama seperti Asian Games kemarin, Indonesia bakal jadi tuan rumah untuk penyelenggaraan pesta olahraga bagi para atlet penyandang disabilitas seantero Asia kali ini.

Lalu, apa saja yang sudah dipersiapkan Indonesia demi kesuksesan ajang Asian Para Games kali ini?

Dijadwalkan Pada Bulan Oktober Mendatang

Asian Para Games 2018 dihelat pada Oktober mendatang
Foto: Asian Para Games 2018

Asian Para Games atau Pesta Olahraga Difabel Asia 2018 ini merupakan perhelatan yang diselenggarakan untuk ketiga kalinya. Indonesia akan menjadi tuan rumah sesuai dengan jadwal penyelenggaraannya: 6 – 13 Oktober 2018 di Jakarta. Logo berjudul “The Inspiring Spirit and Energy of Asia”, dan Maskot resmi berupa elang bondol bernama “Momo” bakal menghias perhelatannya.

Eits! Enggak lupa juga dong, theme song yang diciptakan oleh Erza Lilipory berjudul “Song of Victory” bakal dinyanyikan oleh Ariyo Wahab dan Putri Ariani. “Like Never Before” dari Glen Fredly juga akan berkumandang, lho. Wih, pasti gak kalah meriah sama Asian Games kemarin nih!

Kejutan dari Presiden Joko Widodo

Jokowi Siapkan Kejutan di Acara Pembuka Asian Para Games 2018
Foto: Viva News

Sedikit berbeda dengan Asian Games 2018, ada semangat khusus yang bakal disuguhkan. Selain semangat, Asian Para Games 2018 akan menambah sentuhan humanis yang memperkuat sisi kemanusiaan. Nah, dalam acara pembukaan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) nanti, Presiden Joko Widodo juga dijadwalkan akan turut hadir untuk memeriahkan.

Pak Jokowi disebut-sebut bakal ngasih kejutan yang nggak kalah dari Asian Games. Seperti apa kejutannya? Ya, kalo dikasih tahu bukan kejutan namanya. Kita tunggu saja. Ok, Takaiters?

Polri Kawal Para Atlet dan Official

Polri Siap Amankan Asian Para Games 2018
Foto: Fajar Indonesia Network

Keamanan penyelenggaraan tidak akan jauh berbeda dari Asian Games 2018. Polri akan memegang peran utama dalam kemanan dan pengamanan untuk mensukseskan ajang Asian Para Games 2018. Sekitar 10 ribu pasukan akan dikerahkan sepanjang gelaran dari awal hingga akhir penyelenggaraan.

Nantinya, Polisi akan mengawal para atlet  dari 41 negara yang berjumlah 2.800 orang beserta 1.800 official dari wisma atlet ke tempat-tempat venue mereka masing-masing. Pengawalan ini untu memastikan keamanan para atlet dan official dan tiba di venue sesaui jadwal.

Fasilitas ‘Ramah’ Untuk Para Atlet

Asian Para Games 2018 Usung Fasilitas yang Ramah Difabel
Foto: Kompas

Indonesia selaku tuan rumah tentu saja akan memiliki persiapan yang berbeda, karena di ajang olahraga kali ini akan diikuti oleh para atlet difabel. Oleh karena itu, fasilitas untuk para atlet dipastikan lebih ramah untuk penyandang difabel baik dari lokasi venue pertandingan, transportasi, wisma atlet, maupun teknis pelaksanaan dari rangkaiaan ajang Asian Para Games 2018.

Jakarta, sebagai kota tunggal tempat penyelenggaraannya baru-baru ini telah mempersiapkan ratusa bus Transjakarta. Bedanya, bus ini lebih ramah untuk difabel karena berjenis low-deck atau memiliki bagian dek yang rendah agar memudahkan para atlet untuk masuk ke dalam bus. Total 270 bus low-deck telah disiapkan Pemprov DKI Jakarta sebagai pelayanan akses-mobilitas para atlet Asian Para Games 2018.

Menggratiskan Penonton Penyandang Disabilitas

Asian Para Games 2018
Foto: Tempo

Selain sarana dan prasarana, para penyandang disabilitas yang ingin menonton setiap rangkaian pertandingan di Asian Para Games 2018 akan digratiskan! Bukan cuma untuk para atlet, tapi juga penonton difabel.

Para penonton nantinya juga akan dilayani oleh para relawan (volunteer) di ajang pesta olahraga yang menghabis anggaran mencapai 2 triliun tersebut. Sejauh ini, ada 17 ribu orang yang mengajukan diri untuk menjadi volunteer. Wah, ini bisa jadi bukti kalo tuan rumah ingin memberikan totlitas pada sisi pelayanan.

Targetkan Posisi Peringkat ke-7

Kontingen Indonesia Targetkan Peringkat 7 Besar di Asian Para Games 2018
Foto: Bolasport.com

Pada ajang Asian Para Games 2018, Kementerian Pemuda dan Olahraga mematok targaet bagi kontingen Indonesia untuk menembus peringkat 7 besar. Target tersebut merupakan tujuan perbaikan peringkat dari peringkat Indonesia dalam Asian Para Games di Incheon Korea Selatan, tahun 2014 lalu. Dari 18 cabang olahraga, kontingen merah-putih diharapkan dapat menyumbang 16 medali emas.

Semoga Indonesia kembali sukses di Asian Para Games 2018. Tidak cuma kesuksesan acara tentunya, melainkan juga diharapkan mampu mengulang bahkan melebihi prestasi yang sudah diraih di Asian Games 2018 kemarin. Kita doakan saja ya, Takaiters. Tunggu saja, kirap obornya masih dalam perjalanan, tuh.