“Pertama, bentuk kebiasaan-kebiasaan itu. Setelah itu, kebiasaan-kebiasaan tersebut yang akan membentuk kita.” – John. C Maxwell-

Salam Takaiters! Suka penasaran gak sih bagaimana orang-orang sukses menjalani kesehariannya? Orang sukses biasanya identik dengan segudang pekerjaan dan kesibukan lainnya. Mungkin kita akan berpikir bagaimana mereka bisa punya banyak waktu dan sukses menyelesaikan semuanya dengan baik.

Faktanya, orang-orang sukses sama sekali tidak mengeluh akan kekurangan waktu. Berbeda dengan orang biasa-biasa saja yang doyan beralasan dengan dalih saya tidak punya banyak waktu.

Lalu, bagaimana rahasia orang sukses mengelola waktu dan mengoptimalkan kehidupannya? Berikut adalah hal-hal yang nampak sederhana namun menjadi perhatian bagi seseorang yang ingin sukses dan menjalani harinya dengan baik.


Bangun lebih pagi menjadi kunci kesuksesan hari kamu loh!

Rahasia Hidup Sukses
Foto : pexels.com

Coba perhatikan bagaimana orang yang mempunyai kebiasaan bangun siang dengan orang yang sudah memanfaatkan paginya dengan baik? Berbeda sekali, bukan? Bangun lebih pagi menjadi kunci kesuksesan hari kamu.

Banyak artikel yang mengulas tentang kebiasaan bangun pagi para pengusaha dan pebisnis sukses. Sebut saja CEO Pepsi Co-Indra Nooyi, CEO Apple-Tim Cook, CEO Disney-Bob Iger, dan masih banyak lainnya. Mereka bangun lebih pagi dan mempunyai banyak waktu untuk memanfaatkannya.

Dalam bukunya, What the Most Successful People Do Before Breakfast, Laura Vanderkam mengatakan bahwa orang-orang sukses memanfaatkan pagi mereka untuk hal-hal berikut, melakukan olah raga, kegiatan-kegiatan spiritual, quality time bersama keluarga, menyusun strategi dan pekerjaan yang terfokus. Karenanya, mereka dapat menjalani harinya dengan berkualitas.

Pilihan Editor

Menyempatkan diri berolahraga

Rahasia Hidup Sukses
Foto : pexels.com

Apakah Sobat Takaiters sudah memiliki kebiasaan ini? Jangan bilang tidak sempat. Buktinya, orang sukses yang super sibuk pun mampu menyediakan waktu khusus untuk berolah raga. Ini berarti bahwa olah raga itu penting.

Pastinya Takaiters sudah tidak asing dengan ungkapan “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat”. Orang-orang sukses sudah membuktikannya dengan berolah raga. Bagi mereka kesehatan adalah modal utama untuk meraih kesuksesan. Dengan tubuh yang sehat, sebanyak apapun pekerjaan dapat diselesaikan secara maksimal.

Seperti dijelaskan sebelumnya, jika sobat Takaiters bisa bangun lebih pagi, maka besar kemungkinan kita akan punya waktu untuk berolah raga. Nah, beberapa penelitian menyatakan bahwa berolah raga pada pagi hari memberikan dampak yang lebih baik dibandingkan pada waktu lain. Saat kita bangun tidur, tubuh melepaskan hormon stres. Karena berolah raga dapat menangkal hormon-hormon tersebut.

Olah raga pagi dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik sehingga kita siap menjalani hari dengan lebih produktif.

Jangan lupa mengatur dan mengoptimalkan waktu tidur ya…

Rahasia Hidup Sukses
Foto : pexels.com

Banyak yang beranggapan bahwa orang yang sangat sibuk akan kehilangan waktu tidurnya. Ternyata itu relatif. Anggapan seperti itu hanya berlaku bagi orang yang tidak memiliki pengaturan waktu yang baik. Orang sukses, walaupun dengan dengan segudang pekerjaan mampu memprioritaskan waktu tidur demi menjaga produktivitasnya.

Bukan hanya jumlah jam tidur yang menjadi perhatian namun kualitas tidur jauh lebih penting. Orang sukses biasanya akan mengoptimalkan waktu tidurnya dengan mematikan segala bentuk alat komunikasi yang menghubungkan mereka dengan pekerjaannya.

Hal tersebut dilakukan Sheryl Sandberg, salah satu petinggi Facebook dan Arianna Huffinton, petinggi Huffington Post. Ia mematikan semua gadget pada malam hari dan menyimpannya di luar kamar tidur agar tidak terganggu. Kualitas kerja seseorang biasanya berhubungan dengan kualitas tidur. Jika seseorang ingin mencapai sukses yang lebih baik maka ia harus belajar mengoptimalkan kualitas tidurnya.

Bagaimana cara kita mengoptimalkan kualitas tidur? Dr. Husen A. Bajry, dalam bukunya Tubuh Anda adalah Dokter Terbaik,berbagi tipsnya nih sobat Takaiters. Caranya, lakukan olah raga secara teratur sampai berkeringat, hindari mengonsumsi banyak air dan makanan padat menjelang tidur, lalu berdoalah dan akhiri aktivitas dengan senyuman sebelum tidur.

Menikmati akhir pekan untuk meningkatkan produktif kerja pada hari esok

Rahasia Hidup Sukses
Foto : pexels.com

Apakah orang sukses terus berkutat dengan pekerjaan kantor bahkan di akhir pekannya? Apakah mereka senang lembur? Ternyata tidak. Nah, ini bedanya orang biasa dengan orang sukses. Biasanya orang-orang yang sengaja bekerja di akhir pekan ingin menunjukan bahwa dia sangat produktif. Padahal, orang sukses sengaja berlibur dan menikmati akhir pekannya agar menjadi lebih produktif di minggu berikutnya.

Menikmati hari pekan dengan bersantai dan keluar dari rutinitas adalah salah satu upaya penyegaran. Begitulah orang-orang sukses berpikir. Namun, santai disini bukan berarti bermalas-malasan ya, Sobat Takaiters!

Jadikan akhir pekan sebagai harimu. Sejenak berlibur dari tumpukan pekerjaan dengan melakukan hobi atau sekadar bercengkerama dengan keluarga. Seperti halnya yang dilakukan Bill Gates, saat akhir pekan tiba ia memilih menemani anaknya untuk berkuda. Steve Jobs, sang pendiri Apple, pun mengatakan bahwa akhir pekan baginya adalah saat untuk mengingatkan diri tentang hal-hal kecil yang terlupakan. Ia juga menghabiskan akhir pekan bersama teman dan keluarga. Setelahnya, ia merasa lebih bersemangat untuk kembali bekerja.

Nah, Sobat Takaiters! Yuk jadikan hal-hal sederhana diatas menjadi kebiasaan untuk mengantarkan kita pada kesuksesan.