Apakah kamu memiliki pekerjaan yang mengharuskan kamu duduk dalam waktu lama ? Jika ya, maka kamu harus mengetahui beberapa efek samping dari hal itu. Sebab duduk terlalu lama itu sangat bahaya bagi kesehatan, bahkan bisa mempersingkat hidup kamu lho.

Peringatan nih buat kamu yang memiliki pekerjaan terikat dengan kursi, mungkin cukup sulit untuk menghindari duduk di kursi terlalu lama ! Jadi, alangkah baiknya luangkan waktumu untuk memanjakan diri selama 30 menit seperti berjalan-jalan keluar untuk mencari udara segar dan refleksi otot-ototmu.

Berikut alasan mengapa duduk terlalu lama bisa sangat berbahaya untuk kesehatanmu seperti yang dilansir boldsky. Cekidotttt…

1. Meningkatkan Lemak Perut

bahaya duduk terlalu lama
Duduk terlalu lama dapat meningkatkan lemak tubuh (Foto : pexels.com)

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang duduk selama berjam-jam dapat meningkatkan lemak perut dengan cepat ! Hal ini disebabkan karena selama duduk proses metabolisme tubuh akan menjadi lambat, jumlah kalori yang terbakar juga rendah. Saat duduk lemak dapat mengendap di sekitar pinggang menjadi lebih mudah.

PILIHAN EDITOR

2. Nyeri Pada Punggung

bahaya duduk terlalu lama
Bahaya duduk terlalu lama (Foto : americanpillo.com)

Disisi lain efek dari duduk terlalu lama adalah nyeri pada punggung, terutama jika kamu sedang duduk di kursi dan bekerja pada komputer. Untuk jangka waktu panjang, jika banyak tekanan pada tulang belakang, maka akan menyebabkan rasa sakit pada leher lho.

3. Meningkatkan Tingkat Gula Darah

bahaya duduk terlalu lama
Duduk terlalu lama dapat meningkatkan gula darah (Foto : herbaldiabetes.co)

Banyak para ahli telah mengklaim bahwa duduk untuk terlalu lama dapat menyebabkan ketidakseimbangan tingkat insulin yang diproduksi oleh pankreas, hal ini menyebabkan meningkatnya kadar gula darah kamu loh. Eppttss….ingat ! Ketika kadar gula darah tinggi, berisiko terkena diabetes loh.

4.Mempengaruhi kesehatan Mental

bahaya duduk terlalu lama
Mempengaruhi kesehatan mental (Foto : muthiashri.wordpress.com)

Efek samping lain dari duduk untuk terlalu lama adalah melemahnya kesehatan mental. Ketika seseorang duduk terlalu lama, kapasitas darah yang dibawa oksigen ke otak akan berkurang, hal ini menyebabkan kamu kurang kognitif bahkan menyebabkan depresi!

 Itulah yang harus kamu ketahui tentang beberapa efek samping dari duduk terlalu lama. Alangkah baiknya segarkan dirimu seperti berjalan-jalan keluar untuk mencari udara segar dan refleksi otot-ototmu agar tidak kaku.