Ada saatnya pasti kamu sebagai mahasiswa merasa kekurangan duit jajan saat di penghujung akhir bulan ataupun weekend. Bukan hanya mahasiswa tapi para pekerja yang mengadu nasib ke ibukota atau keluar daerah pun harus memaksanya untuk tinggal dikost-an.

Nah Menyenangkan diri sendiri itu sangat wajib hukumnya, kenapa? Karena kalau kamu gak merasa senang hidupmu bakal suram, hehehe. Terkadang selama ini kamu pasti pernah berdiam diri di kamar ketika uang sedang tipis-tipisnya di dompet bahkan hanya tinggal recehan koin, kamu harus percaya ini bukanlah satu-satunya cara kalau hanya berdiam diri di kamarmu.

Banyak hal di luar sana yang bisa kamu lakukan, meski di dompetmu saat ini tak bersemayam banyak rupiah. Uang memang bukan segalanya Kesenanganmu takkan pernah bisa dibeli hanya dengan lembaran rupiah yang selama ini orang-orang banggakan. Senang-senang itu sangat harus bin wajib dan kamu berhak memilikinya.

Berikut beberapa cara yang sangat hemat bahkan kamu gak akan keluar uang!


Karokean, salah satu cara menghibur diri paling ampuh

tip senang-senang super hemat
Foto : smule.com

Kamu bisa mendownload secara gratis lagu-lagu favorit yang nantinya akan kamu nyanyikan. Bisa di laptop atau handphone apalagi kalau kamu pake android atau ios kamu bisa download aplikasi Smule, JOOX atau sejenisnya, yang jelas kamu bisa menciptakan konsermu sendiri di kamar dengan suara ala kadarnya, tapi tetap menyenangkan bagi mu. Hehehe

Nonton Film Kartun atau Korea

tip senang-senang super hemat
Foto : soompi.com

Siapa sih yang nggak suka nonton film kartun apalagi korea? film kartun memang film yang dibuat untuk menghibur. Kalau nonton film kartun kalian juga ngga perlu mikir alur ceritanya gimana atau penasaran sama ending-nya gimana. Ya sudah sepanjang kamu nonton, kamu akan ketawa-ketawa aja gitu lihat aksi tokoh kartun.

Bagi kamu penggemar korea pasti kalau nonton film nya bakal terbius. Kamu manfaatin laptopmu buat dijadiin bioskop mini biar gak keluar duit untuk beli tiket nonton di bioskop. Kamu bebas menangis, tertawa bahkan sampai tertidur pulas di kamar ketika nonton film di tengah kebokekan yang sedang melanda. Cobain deh kalau gak percaya!

Baca buku, meningkatkan wawasanmu dikala lagi bokek

tip senang-senang super hemat
Foto : pexels.com

Definisi Buku Menurutmu apa? Yap, Buku adalah jendela dunia. Ungkapan ini nggak berlebihan dan ada benarnya juga sih. Dengan buku kamu bisa tahu banyak hal tentang sesuatu meski kamu sendiri belum pernah mengalami atau tahu tentang suatu tempat meski kamu belum pernah kesana.

Pilihan Editor

Ketika kamu butuh kegiatan refreshing yang nggak perlu keluarin rupiah, membaca buku adalah salah satu caranya. Dengan baca buku, imajinasimu diajak berkelana oleh penulis yang bukunya sedang kamu baca. Jadi walaupun secara fisik kamu belum bisa jalan-jalan, ya minimal pikiran sama imajinasimu dulu aja yang jalan-jalan. Hehehe

Putar lagu-lagu favoritmu

tip senang-senang super hemat
Foto : pexels.com

Menurut beberapa orang, joget-joget nggak jelas dengan musik ber-beat cepat diyakini mampu menjadi mood booster. Nggak cuma bikin bahagia, cara satu ini bisa membuat harimu selalu bersemangat!

Berbenah kamar sendiri

tip senang-senang super hemat
Foto : pexels.com

Biar kamu makin betah di dalam kamar, kamu bisa mulai dengan menata ulang tata letak di kamarmu. Cara ini juga bisa menghilangkan rasa bosan dengan dekorasi kamar yang itu-itu saja, yah seenggak nya kamu bersih-bersih kamarmu lah. Kamu juga bisa sekalian memilah-milah barang di dalam kamarmu yang udah nggak kepake lagi. Kalau kamar bersih, kamu pasti bahagia. Cobain deh kalo gak percaya!


Nah, Bersenang-senang itu nggak cuma butuh Rupiah kan? Kamu bisa melakukan banyak hal di luar foya-foya, yakni membahagiakan diri dengan cara yang sederhana ini. Jangan lupa tinggalkan Jejak yah, Semoga hari-harimu menyenangkan.