Hai, Takaiters!

Adakah yang hobi dengan seni beladiri silat atau pencak silat? Silat atau pencak silat merupakan seni beladiri tradisional yang berasal dari kepulauan nusantara. Saat ini, silat sudah dikenal secara luas di Indonesia, Brunai Darussalam, Malaysia, Singapura, Filipina Selatan, dan Thailand Selatan.

Seni bela diri pencak silat adalah olahraga yang memerlukan banyak konsentrasi. Bela diri ini dipengaruhi oleh budaya Cina, agama Hindu, Budha, dan Islam. Sehingga setiap daerah di Indonesia mempunyai aliran pencak silat yang khas. Di daerah Jawa Barat terkenal dengan aliran Cimande dan Cikalong, di Jawa Timur ada aliran Perisai Diri, dan di Jawa Tengah ada aliran Merpati Putih.

Pada tanggal 8-9 September kemarin, para pesilat tampil pada acara Indonesian Weekend 2018 di taman Potters Field London. Indonesian Weekend adalah event yang sudah dilaksanakan selama tiga tahun terkahir ini. Acara tersebut diadakan atas kerjasama antara Bangga Indonesia Ltd dengan KBRI London dan Kementrian Pariwisata, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Para pesilat yang tampil adalah dari berbagai perguruan. Antara lain, Silek Harimau Minangkabau, Panglipur, Kuntao Matjan, Gerak Ilham, dan Setia Hati Terate. Semua perguruan ini merupakan binaan Federasi Pencak Silat UK.

Mereka berhasil memukau sejumlah penonton dengan mempertontonkan beragam jurus. Bahkan ada seorang warga Inggris bernama Viktor merasa kagum dengan aksi yang diperlihatkan para pesilat. Bahkan Viktor, seorang pekerja teknologi informasi berharap dapat mempelajari silat dan ingin berkunjung ke Indonesia.

Acara yang berlangsung selama dua hari ini dimeriahkan oleh 53 stand pameran. Berbagai produk yang dijual di stand antara lain, batik, perhiasan, kerajinan tangan, dan makanan khas Indonesia.

Pilihan Editor



Selain menampilkan silat, tampil juga pertunjukkan musik asal Jawa Barat yaitu angklung. Alat musik dari bambu ini menampilkan beberapa lagu daerah, antara lain, Manuk Dadali, Besame Mucho, Bengawan Solo, Rayuan Pulau Kelapa, dan Mama Mia. Pertunjukan musik angklung yang dibawakan oleh London Angklung Ensemble pimpinan Hana A Satrio mendapat sambutan yang baik dari pengunjung.

Tema yang diangkat pada acara Indonesian Weekend kali ini adalah Warm Destination. Harapannya agar pengunjung dapat menikmati pertunjukan sambil bersantai. Selain itu, mereka juga dapat menikmati ragam kuliner Indonesia di pantai buatan, yang dibangun dari 50 ton pasir putih.

Nah, Takaiters, pencak silat Indonesia menjadi salah satu sarana mempromosikan Indonesia di mancanegara. Kita patut bangga, ya, Takaiters.