Hai, Takaiters!

Potensi wisata Indonesia nggak dapat dipandang sebelah mata lho, Guys! Jika kita telusuri cukup banyak destinasi wisata yang belum terpublikasi. Nah, di Lumajang, Jawa Timur ada air terjun yang indahnya tidak kalah dari air terjun Niagara yaitu Air Terjun Tumpak Sewu. Berada di aliran Sungai Glidih, air terjun ini juga disebut Air Terjun Coban Sewu karena sumber airnya sangat banyak.

Kita intip keistimewaan Air Terjun Tumpak Sewu ini yuk, Guys!

Berlokasi di Antara Malang dan Lumajang

Air Terjun Tumpak Sewu
Foto: selipan.com

Air Terjun Tumpak Sewu berada di perbatasan antara Malang dan Lumajang. Secara administratif masuk di wilayah Kabupaten Lumajang. Jika dari Malang menempuh jarak 66 km atau sekitar 2 jam perjalanan. Air terjun ini dikenal sebagai Niagara di Jawa Timur karena keindahannya yang hampir menyerupai Niagara.

Air Terjun Tumpak Sewu yang Unik

Air Terjun Tumpak Sewu
Foto : 2.bp.blogspot.com

Air Terjun Tumpak Sewu ini sangat unik lho, Guys! Keunikan pertama, lebar alirannya mengingatkan pada Niagara Waterfall. Keunikan kedua, lokasinya sama-sama berada di perbatasan. Niagara berada di perbatasan negara Kanada dan Amerika sedangkan Tumpak Sewu berada di perbatasan Malang dan Lumajang.

Keunikan ketiga, alirannya bertipe tiered yaitu air yang jatuh bersentuhan dengan dinding batu di belakangnya. Padahal sebagian besar air terjun disekitar Kabupaten Malang bertipe plunge yang airnya tidak bersentuhan dengan tebing batu di belakangnya.

Keindahan Landscape-nya Menjadi Surga Fotografi

Air Terjun Tumpak Sewu
Foto: backpackerjakarta.com

Keindahan landscape Air Terjun Tumpak Sewu ini tidak diragukan lagi. Aliran airnya dari beberapa sumber seakan turun berjejer membentuk tirai yang menutupi tebing di belakangnya. Apalagi saat cuaca sedang cerah maka di latar belakang air terjun akan tampak pemandangan Gunung Semeru. Sungguh menjadi surganya bagi pemburu fotografi ya, Takaiters!

Tetapi tidak hanya menjadi surga fotografi, lho! Kamu yang suka selfie tidak akan rela melepaskan keindahan Niagara di Jawa Timur ini.

Pilihan Editor



Butuh Stamina yang Kuat untuk Menikmati Keindahan Air Terjun Ini 

Air Terjun Tumpak Sewu
Foto: yukepo.com

Untuk menikmati keindahan air terjun ini membutuhkan stamina yang kuat, lho! Medan yang dilalui cukup sulit harus meniti tebing terjal dengan bantuan bambu dan kadang tali. Setelah sampai di dasar jurang harus berjalan melewati arus Sungai Glidih yang berlawanan. Sungguh menguji mental banget kan, Guys!

Asyik banget ya! Keindahan wisata alam Indonesia memang tidak ada duanya. Takaiters yang pingin melihat keindahan Niagara dapat berkunjung ke Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang ini.