Heiyo, Takaiters!

Hari gini, siapa sih yang enggak tahu atau minimal pernah mendengar nama seorang Vladimir Putin? Ya, presiden Rusia itu kembali mendapat sorotan setelah dikabarkan bahwa akun Twitter yang sempat diindikasi sebagai akun pribadinya– resmi diblokir.

Twitter, selaku platform media sosial yang ‘mengurus’ akun tersebut mengaku telah memblokir akun yang bernama @putinRF_eng itu secara permanen. Kebijakan itu didasarkan oleh laporan dari pihak pemerintah Rusia sendiri. Ada apakah gerangan?

1. Dinilai Telah Melakukan Peniruan Identitas

Akun Twitter Vladimir Putin diblokir
Vladimir Putin. – Foto: Reuters/Maxim Shemetov

Penangguhan tersebut, menurut Twitter, akun yang mereka blokir tersebut telah menyalahi aturan terkait peniruan identitas pribadi seseorang. Usut punya usut, akun tersebut diketahui dibuat pada tahun 2012 dan telah mendapatkan hampir sejuta follower.

2. Banyak Dipercaya sebagai Akun Resmi Putin

Siapa dalang di balik akun palsu Vladimir Putin?
Anonim. – Foto: Pexels

Banyak orang, terutama pengikutnya percaya bahwa aku tersebut merupakan akun berbahasa Inggris yang resmi dibuat oleh Vladimir Putin sendiri. Namun, yang terjadi justru sebaliknya. Pemerintah Rusia pun sudah mengkonfirmasi bahwa akun tersebut palsu (fake account).

3. Telah Aktif Selama Enam Tahun Terakhir

Akun palsu presiden Vladimir Putin telah aktif selama 6 tahun.
Kalender. – Foto: Unsplash

Sebelum akhirnya teridentifikasi sebagai akun palsu, akun @putinRF_eng kerap kali mengunggah tautan berita terkait kegiatan-kegiatan Putin di depan publik umum. Hebatnya lagi, nih, Takaiters, kiprah akun palsu itu sukses menjadi rujukan sumber berita dalam laporan sejumlah media (pers) terkemuka, termasuk BBC, Kamis (29/11/2018) lalu.

4. Berkat Foto Profil dan Cover

Kremlin jadi foto cover profil akun palsu presiden Rusia
Kremlin. – Foto: The Indian Express

Fake Account itu sukses membuat ‘tipuannya’ tampak nyata berkat foto Putin yang digunakan sebagai foto profil. Di tambah dengan foto Benteng Kremlin yang merupakan ikon Rusia di kota Moskow sebagai foto cover. Sejauh ini, masih belum diketahui siapa orang di balik akun palsu tersebut.

5. Bukan Kali Pertamanya Twitter Kecolongan

Banyak akun palsu dan hoax bertebaran di media sosial Twitter
Twitter. – Foto: PxHere

Menjadi salah satu platform media sosial favorit, kejadian serupa bukanlah hal yang pertama kali terjadi. Bahkan, tidak hanya Twitter yang diterpa masalah akun palsu. Facebook dan Instagram juga belum terlepas dari persoalan serupa

Karena pola timeline (lini masa) yang lebih dinamis dari media sosial lain, Twitter termasuk sebagai sarang yang nyaman bagi para penyebar hoax.

6. Banyak Akun Serupa Telah ‘Dieksekusi’

Akun palsu presiden Rusia di Twitter
Palsu. Foto: Unsplash

Menurut Twitter, mereka telah berhasil mendeteksi dan menangguhkan sekitar 70 juta akun pada pertengahan tahun ini. Hal itu dilakukan sebagai bentuk perlawanan terhadap penyebaran berita hoax dan akun-akun palsu yang meniru seolah-olah mereka adalah akun dari seorang artis atau tokoh pejabat penting.

7. Jangan Ragu untuk Melaporkan Akun yang Terlihat Mencurigakan

Hati-hati akun palsu di jejaring sosial
Jejaring sosial. – Foto: PxHere

Agar kejadian serupa tidak merajalela, kamu tidak perlu ragu untuk melaporkan setiap akun dirasa mencurigakan, kerap menyebar berita hoax, ataupun ujaran kebencian. Pasalnya, Twitter memang tengah gencar ‘menyelamatkan’ layanan mereka dari penggunaan yang dianggap menyalahi aturan.

Jadi, kamu sendiri juga akan membantu pihak platform jejaring sosial terkait dalam menciptakan ruang maya yang ‘bersih’. Tentu, enggak cuma Twitter saja, lo, ya! Platform lain juga.

So, hati-hati dalam berselancar dan bermedia sosial, ya, Takaiters!