Hallo, Takaiters!

Bulan puasa sudah diambang pintu, umat muslim mulai mempersiapkan untuk menyambutnya. Kamu sudah ada rencana untuk menu berbuka puasa? Salah satu menu berbuka puasa adalah bubur. Takaiters, berikut 10 macam bubur untuk berbuka puasa, yuk disimak!

1. Bubur Ketan Hitam

Foto: sajiansedap.grid.id

Bubur ketan hitam berbahan dasar ketan hitam dan santan. Bubur ini akan lebih nikmat, bila ditambah dengan aroma daun pandan atau kayu manis. Warna bubur yang hitam serta santan berwarna putih sangat menggugah selera.

2. Bubur Jagung

Foto: agrowindo.com

Jagung juga bisa dibuat bubur, lo, Takaiters. Jagung yang digunakan sebaiknya jagung manis. Pipil jagung, kemudian blender kasar, lalu masak dengan santan. Bubur ini tidak bikin enek karena rasanya yang gurih dan manis.

3. Bubur Mutiara

Foto: netralnews.com

Bubur ini terbuat dari mutiara sagu yang banyak dijumpai di pasar atau supermarket. Bubur mutiara rasanya manis atau legit. Terbuat dari mutiara sagu yang kenyal dipadukan dengan gurihnya santan. Bubur ini sangat mudah dibuat karena hanya terdiri dari bahan inti yaitu sagu mutiara dan santan.

4. Bubur Candil Buah Naga

Foto: cookpad.com

Buah naga juga dapat dibuat bubur dengan cara mencampurkan buah naga yang telah diblender dengan tepung beras ketan. Tepung beras ketan yang telah tercampur dengan buah naga, dibentuk bulat-bulat kecil (disebut candil), kemudian direbus hingga mengapung. Warna merah dari candil dan kuah santan berwarna putih, sungguh menggugah selera.

5. Bubur Kampiun

Foto: food.detkik.com

Bubur Kampiun, bubur khas Minang yang banyak dijumpai pada bulan Ramadan. Bubur ini perpaduan kelezatan bubur sumsum, bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, bubur candil, dan kolak pisang. Perpaduan rasa dari empat bubur dan kolak menjadikan bubur ini istimewa.

Pilihan Editor


6. Bubur Candil Ketan

Foto: cookpad.com

Bubur Candil ketan berbahan dasar tepung beras ketan.  Kuah dari bubur ini terbuat dari gula merah yang dicairkan, kemudian disiram dengan saus santan kental. Hmm … kebayang dong, gimana enaknya. Bubur ini cocok untuk menu berbuka puasa karena berbuka puasa biasanya dimulai dengan bercita rasa manis terlebih dahulu.

7. Bubur Grundul Ubi Ungu

Foto: jajanpinggiran.blogspot.com

Bubur grundul berbahan dasar ubi ungu dan tepung beras ketan. Rebusan ubi ungu yang dihaluskan, diberi tepung beras ketan, kemudian dibentuk sesuai selera. Rebus bola-bola ubi ungu dalam air yang telah mendidih, tunggu hingga mengambang. Untuk kuahnya,  rebus santan lalu tambahkan gula pasir sesuai selera, daun pandan, dan sedikit garam. Tambahkan tepung maizena yang telah dicairkan, dengan tujuan agar kuahnya mengental. Lalu, Masukkan bola-bola ubi tadi. Kebayang, dong, indahnya warna bubur ini, kombinasi ungu dan putih sangat menggoda, apa lagi dinikmati dengan es batu. Hmm … yummi.

8. Bubur Sumsum Kental

Foto: gedubar.com

Bubur sumsum berbahan dasar tepung beras, santan, dan gula merah. Tepung beras sebanyak 125 gr dicampur dengan air matang 500ml. Tuang perlahan hingga tercampur rata. Hal ini agar bubur dapat matang merata dan tidak menggumpal, sisihkan. Masak santan, dan beri sedikit garam, setelah medidih kemudian dinginkan. Setelah dingin, campur larutan tepung beras tadi dengan santan kemudian dimasak diatas api kecil sambil terus diaduk hingga bubur meletup-letup tanda telah matang. Untuk kuahnya, rebus gula merah sesuai selera beri vanili agar wangi, atau jika suka beri geprekan jahe, hmm… mantap!

9. Bubur Sumsum Candil Labu Kuning

Foto: dapur-teh-enur.blogspot.com

Perpaduan antara bubur sumsum, dengan candil labu kuning, dan kuah gula merah. Jika ingin lebih cantik bubur sumsum diberi warna hijau, dari pasta pandan. kebayang, dong, warnanya meriah, hijau dari bubur sumsum, kuning dari candil, dan coklat dari kuahnya, dan putih dari saus santan kentalnya. Semangkuk bubur penggugah selera.

10. Pisang ijo

Foto: id.tastemade.com

Sajian dari Sulawesi yang tepat untuk berbuka puasa, Pisang raja yang dibungkus dengan kulit yang terbuat dari tepung terigu diberi warna hijau. Dinikmati dengan saus santan kental, diberi susu, sirup cocopandan, es batu, dijamin merupakan sajian berbuka puasa yang nikmat.

Demikian Takaiters, 10 jenis bubur yang cocok untuk berbuka puasa. Kamu dapat juga menjualnya dalam kantung-kantung plastik sehingga kamu dapat penghasilan selama bulan puasa, dan keluarga juga bisa menikmati masakan kamu. Selamat mencoba!