Hai, Takaiters!

Negara Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan kulinernya. Salah satu jenis kuliner yang paling populer di masyarakat adalah sambal. Siapa yang tidak kenal sambal? Jenis kuliner pelengkap yang identik dengan rasa pedas ini begitu menjamur di manapun di Nusantara. Makan akan terasa kurang lengkap tanpa hadirnya sambal.

Ternyata di Indonesia sangat banyak jenis sambal yang disukai oleh masyarakat. Di bawah ini adalah beberapa jenis sambal yang cukup favorit bagi masyarakat kita. Kira-kira mana, nih, yang jadi favoritmu? Yuk, kita simak satu per satu.

1. Sambal Tomat

Foto : vemale.com

Sambal tomat merupakan salah satu jenis sambal yang paling umum ditemukan di Indonesia. Bahan dasar yang digunakan adalah cabai merah dan tomat, namun bisa juga ditambahkan dengan cabai rawit.. Keunggulan utama dari sambal tomat ini adalah rasa pedas dan lebih segar karena adanya cairan dari hasil ulegan tomat. Penambahan daun kemangi akan menjadikan santapanmu lebih berselera dengan citarasa wanginya. Sambal tomat ini cocok disajikan sebagai pendamping hampir semua jenis makanan.

2. Sambal Terasi

Foto : tandapagar.com

Sambal terasi memiliki ciri khas rasa terasi yang gurih karena penggunaan udang. Meski kadang menimbulkan bau yang cukup kuat, namun soal rasa sambal terasi adalah salah satu yang paling digemari. Rasa pedas, gurih, dan sedikit manis sangat cocok ketika disajikan sebagai pendamping lalapan dan makanan gorengan lainnya.

3. Sambal Ijo

Foto : resepkakak.com

Sesuai dengan namanya, warna sambal ini berwarna hijau yang berasal dari bahan utamanya yaitu cabai hijau. Bahan-bahan lain yang digunakan juga berwarna dominan hijau, seperti cabai rawit hijau dan tomat hijau. Bawang putih dan bawang merah turut serta menyumbangkan rasa yang mantap di lidah. Bagi kamu penggemar masakan Padang, tentunya sudah nggak asing lagi sama sambal yang satu ini dan menjadi pelengkap wajib untuk menu santapanmu.

4. Sambal Bawang

Foto : agrowindo.com

Menggunakan bawang sebagai bahan utamanya, sambal bawang memiliki rasa dan aroma yang khas. Dengan rasanya yang cenderung asin, penyetan tempe dan ayam sangat cocok disantap bareng sambal yang satu ini. Karena rasanya yang kuat, sedikit saja kita cocol tapi rasanya sudah sangat terasa nikmat. Cukup dengan bawang putih, cabai rawit dan garam, kamu sudah bisa mulai menguleg dan merasakan sedapnya sambal ini. Sangat sederhana dan nikmatnya tiada tara.

5. Sambal Kecap

Foto : vemale.com

Termasuk salah satu jenis sambal yang sederhana dalam pembuatannya, namun memiliki rasa yang nggak kalah dengan jenis sambal lainnya. Campuran dari kecap dengan gerusan cabai rawit ini sudah cukup untuk mendulang banyak penggemar. Apabila ingin rasa yang lebih kompleks, maka kamu bisa tambahkan irisan bawang merah dan bawang goreng, dijamin bakalan menambah selera makanmu. Rasa pedas manis khas kecapnya sangat cocok sebagai bahan pelengkap cocolan gorengan atau dicampur dengan sayur berkuah.

6. Sambal Bajak

Foto : katalogkuliner.com

Jika kamu tidak terlalu suka dengan rasa pedas tapi pingin banget makan sambal, maka kamu bisa pilih sambal bajak ini. Adanya proses penggorengan menyebabkan rasa pedasnya berkurang. Tapi jangan salah, proses penggorengan ini pula yang menjadikan rasa sambal bajak terasa sedap dan matang. Cukup dengan bahan utama cabai merah besar, bawang merah, terasi dan tomat yang semuanya digoreng, kamu sudah bisa menikmati sambal yang identik dengan rasa pedas manis ini.

7. Sambal Matah

Foto : vemale.com

Kalau kamu akan berwisata ke Bali, mungkin kamu bakal sering banget menemui jenis sambal ini. Ya, sambal matah merupakan sambal khas Bali dengan ciri khasnya yang berupa campuran bahan-bahan mentah. Campuran bahan-bahan seperti cabai merah, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, serai, daun jeruk, hingga perasan jeruk nipis akan memberikan kesan segar dan yang tak ketinggalan adalah rasa pedasnya yang super nampol di lidah. Sambal matah sangat cocok disantap sebagai pelengkap sajian kuliner bakaran seperti ayam bakar dan ikan bakar.

8. Sambal Pencit

Foto : indoindians.com

Jenis sambal yang tergolong unik ini ternyata memiliki rasa yang cukup menggigit, lho. Bayangkan, pedasnya cabai rawit berpadu dengan rasa asam dari mangga muda atau pencit akan semakin menambah sensasi pedas yang menjadi-jadi. Rasa segar dari sambal pencit sangat cocok disajikan sebagai pelengkap menu lalapan.

9. Sambal Petai

Foto : inews.id

Petai memang dikenal memiliki bau yang tidak sedap. Meski demikian, bagi beberapa orang penggunaan petai dalam sambal menjadi salah satu pilihan untuk menambah selera makan. Disajikan dengan bahan-bahan yang hampir sama dengan sambal tomat, apalagi petai digoreng terlebih dahulu, akan memunculkan rasa yang menarik dan khas. Nggak ada salahnya, deh, kamu mencoba varian sambal yang satu ini.

Nah, dari semua jenis sambal itu masing-masing memiliki ciri khas yang digemari oleh para penikmatnya. Keragaman jenis sambal ini menunjukkan bahwa Indonesia memang kaya akan kuliner lezatnya. Selain jenis sambal di atas, masih banyak jenis sambal lain yang nggak kalah enaknya yang tersebar di seluruh wilayah Nusantara.

Jadi, mau coba sambal yang mana, nih?